Siska, Riza Rey (2020) Proses model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) dan Model Eliciting Activities (MEAs) agar siswa memiliki pemahaman yang baik pada mata pelajaran matematika. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.
Preview |
Text (ABSTRAK)
01 Abstrak.pdf Download (805kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
02 BAB 1.pdf Download (273kB) | Preview |
![]() |
Text (BAB 2)
03 BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (282kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3)
04 BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (96kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
05 BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (228kB) | Request a copy |
Preview |
Text (BAB 5)
06 BAB 5.pdf Download (256kB) | Preview |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
07 LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya permasalahan dalam proses pembelajaran matematika. Penelitian ini dilakukan untuk menggali permasalahan yang ada dalam proses pembelajaran matematika serta memberikan alternatif solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) Mendeskripsikan hasil observasi yang dilaksanakan di SMPN 4 Madiun, (2) Menjelaskan proses Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) agar siswa memiliki pemahaman yang baik terhadap materi mata pelajaran matematika, (3) Menjelaskan proses Model Eliciting Activities (MEAs) agar siswa memiliki pemahaman yang baik terhadap materi mata pelajaran matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi, yaitu dengan mencari atau menggali data dari literatur terkait. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif dan content analisys. Dari kajian dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Berdasarkan obeservasi di kelas VII SMPN 4 Madiun, peneliti menemukan beberapa permasalahan, yaitu proses pembelajaran masih berpusat pada guru sehingga masih kurang melibatkan siswa, prestasi belajar siswa masih belum memenuhi KKM, siswa kurang terlatih dalam mengerjakan soal-soal karena kurangnya pendalaman materi, siswa masih kesulitan dalam membuat model matematika untuk menyelesaikan masalah, dan rasa percaya diri siswa yang masih rendah. (2) Proses Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) memuat tiga komponen, yaitu Auditory, Intellectually, dan Repetition. Auditory menekankan belajar haruslah mendengarkan dan berbicara. Intellectually mengharuskan siswa aktif berpikir untuk menyelesaikan permasalahan. Repetition dapat berupa latihan soal, tanya jawab, ataupun kuis secara individu. Ketiga komponen tersebut memuat tujuan pembelajaran matematika sehingga berpotensi membuat siswa memiliki pemahaman yang baik pada mata pelajaran matematika. (3) Proses pembelajaran yang menggunakan Model Eliciting Activities (MEAs) didasarkan pada situasi kehidupan nyata, siswa bekerja dalam kelompok-kelompok kecil, dan diminta menyusun model matematika sebagai solusi. Dalam Model Eliciting Activities (MEAs), terdapat tujuh fase yang harus diperhatikan yaitu: 1) Mendefinisikan masalah; 2) Memberikan kemungkinan solusi; 3) Mendiskusikan permasalahan; 4) Menyempurnakan kemungkinan solusi; 5) Membuat penyelesaian sistematis; 6) Menguji dan merevisi solusi permasalahan; 7) Mempresentasikan solusi permasalahan. Ketujuh fase tersebut memuat tujuan pembelajaran matematika sehingga berpotensi membuat siswa memiliki pemahaman yang baik pada mata pelajaran matematika.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Department: | S1 - Pendidikan Metematika |
Contributors: | Contribution Contributors NIDN / NIDK Email Thesis advisor Santoso, F. Gatot Iman NIDN0728047501 UNSPECIFIED |
Uncontrolled Keywords: | auditory intellectually repetition (AIR), model eliciting activities (MEAs), matematika |
Subjects: | Widya Mandala Catholic University on Madiun Campus > Faculty of Teacher Training and Education Mathematics |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > PSDKU - Mathematics Education Study Program |
Depositing User: | Users 8347 not found. |
Date Deposited: | 22 Jul 2020 03:33 |
Last Modified: | 13 Feb 2023 04:36 |
URI: | https://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/22026 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |