Pengembangan keterampilan sosial pada anak autism melalui metode social modelling

Iskandar, Yohanes Ogi (2019) Pengembangan keterampilan sosial pada anak autism melalui metode social modelling. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (25kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (632kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB) | Request a copy
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Keterampilan sosial adalah perilaku yang mengembangkan interaksi dengan orang lain, yang mana individu mampu untuk berfungsi dalam pemenuhan tugas bersosialnya. Anak berkebutuhan khusus seperti autis ini mempunyai karakteristik bahwa kurangnya mereka dalam 3 hal, yaitu gangguan dalam sosio-emosional, gangguan dalam bidang komunikasi, dan pola perilaku yang berulang dan menetap. Sikap agresivitas yang muncul pada anak tersebut adalah bentuk dari keterampilan sosial yang memang tidak dimiliki oleh anak yang mengalami gangguan autism. Keterampilan sosial pada anak autis diperlukan dalam kehidupan sehari-hari, agar keberadaan anak autis diterima ditengah masyarakat. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan keterampilan sosial pada anak autism. Metode yang digunakan adalah eksperimen, dengan desain single case experiment. Metode pengumpulan data menggunakan lembar observasi, dengan mengukur pengaruh metode sosial modeling dalam pengembangan keterampilan sosial. Nantinya akan terlihat ketika hasil pre-test dan post-test sudah didapatkan. Hipotesa penelitian ini diterima, sehingga ada perbedaan hasil pada pre-tes dan post-tes setelah pemberian treatmen.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Psikologi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Prasetyo, Eli
NIDN0726068203
eli@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Anak autism, pengembangan keterampilan sosial, metode sosial modeling.
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: Users 7630 not found.
Date Deposited: 25 Feb 2020 10:02
Last Modified: 25 Feb 2020 10:02
URI: https://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/20460

Actions (login required)

View Item View Item