Prasetyo, Agung (2019) Pengembangan media pembelajaran berbasis papan permainan Jumanji Physics pada pokok bahasan momentum impuls untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X SMA 17 Agustus 1945 Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.
Preview |
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf Download (415kB) | Preview |
![]() |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (702kB) |
![]() |
Text (BAB 3)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (562kB) |
![]() |
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Preview |
Text (BAB 5)
BAB V.pdf Download (19kB) | Preview |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (13MB) |
Abstract
Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Papan Permainan “Jumanji Physics” Pada Pokok bahasan momentum impuls untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik merupakan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui kualitas media pembelajaran berbasis papan permainan yang dikembangkan. Model penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap Analysis, Design, Develop, Implement, dan Evaluation. Media pembelajaran yang dikembangkan beriskan materi momentum impuls. Pada tahap analisis kebutuhan peserta didik, 88,89 % peserta didik menyatakan membutuhkan media pembelajaran berbasis papan permainan untuk lebih membantu memahami materi fisika. Responden adalah siswa kelas X SMA 17 Agustus 1945 Surabaya berjumlah 90 orang. Media ini dilengkapi dengan perangkat pembelajaran meliputi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dikategorikan sangat valid dan Rencana Evaluasi (RE) dikategorikan valid oleh ahli. Media pembelajaran yang dikembangkan dikategorikan sangat valid oleh ahli. Rata-rata penilaian peer review dalam uji terbatas mengkategorikan media ini sangat baik. Hasil belajar siswa dinilai berdasarkan hasil pre-test dan post-test, dihasilkan nilai N-Gain sebesar 0,65 dan berada dalam kategori sedang. Keterlaksanaan RPP dikategorikan sangat baik. Berdasarkan angket respon peserta didik memberikan respon positif dengan kategori baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Department: | ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Teacher Training and Education" not defined] |
Uncontrolled Keywords: | Jumanji Physics, media pembelajaran berbasis permainan, impuls momentum, peningkatan hasil belajar |
Subjects: | Physic Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Physics Education Study Program |
Depositing User: | Users 7276 not found. |
Date Deposited: | 19 Jul 2019 02:28 |
Last Modified: | 19 Jul 2019 02:28 |
URI: | https://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/19271 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |