Lenak, Meilani (2019) Motif remaja perempuan Surabaya dalam menonton video tutorial makeup di youtube. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.
Preview |
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (665kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf Download (317kB) | Preview |
![]() |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (261kB) |
![]() |
Text (BAB 3)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (249kB) |
![]() |
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (651kB) |
Preview |
Text (BAB 5)
BAB V.pdf Download (296kB) | Preview |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (498kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motif remaja perempuan Surabaya dalam menonoton video tutorial makeup di Youtube. Penelitian ini berangkat dari teori Uses and Gratifications yang mengatakan bahwa setiap orang memiliki hak untuk menggunakan media dan memiliki berbagai macam alasan atau dorongan dalam menggunakan media tersebut sesuai kebutuhannya masing-masing. Namun penelitian ini akan berfokus kepada satu media yaitu Youtube dengan fokus kepada satu jenis konten yaitu video tutorial makeup. Penelitian ini menggunakan teori Uses and Gratifications pada media sosial menurut Whiting dan Williams yang mengemukakan adanya sepuluh indikator motif menggunakan media sosial. Namun dalam penelitian ini hanya digunakan tujuh indikator motif yaitu interaksi sosial, pencarian informasi, mengisi waktu, hiburan, perangkat yang menyenangkan, berbagi informasi dan pengetahuan tentang orang lain. Penelitian ini menggunakan metode survey yang dilakukan kepada subyek penelitian yaitu remaja perempuan Surabaya yang pernah menonton video tutorial makeup di Youtube. Hasil temuan data dan analisis penelitian ini menunjukkan bahwa motif pencarian informasi merupakan motif terbesar remaja perempuan Surabaya dalam menonton video tutorial makeup di Youtube. Hal ini menunjukkan bahwa informasi masih menjadi salah satu alasan utama dalam menonton video tutorial makeup. Youtube pun menjadi media yang efisien bagi remaja perempuan Surabaya untuk mencari informasi mengenai makeup, tanpa harus bertanya atau belajar kepada orang lain.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Department: | ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Communication Science" not defined] |
Uncontrolled Keywords: | Motif, Youtube, Uses and Gratifications, Makeup, Video Tutorial, Remaja Perempuan. |
Subjects: | Communication Science |
Divisions: | Faculty of Communication Science > Communication Science Study Program |
Depositing User: | Meilani Lenak |
Date Deposited: | 09 May 2019 09:19 |
Last Modified: | 09 May 2019 09:19 |
URI: | https://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/18337 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |