Klau, Agustinus A. (2018) Tingkat stres dengan prestasi belajar pada mahasiswa tingkat III dan IV Fakultas Keperawatan Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.
Preview |
Text (ABSTRAK)
ABSTRAKk.pdf Download (418kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf Download (99kB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (249kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (96kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (288kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (373kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 6)
BAB 6.pdf Restricted to Registered users only Download (215kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (BAB 7)
BAB 7.pdf Download (187kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Stres merupakan bagian yang tak terpisahkan dari dunia pendidikan khususnya dunia keperawatan, berbagai faktor dapat menjadi penyebab stres, baik faktor akademis maupun non akademis, stres dapat memberikan efek negatif pada fungsi kognitif dan belajar mahasiswa. Semakain tinggi tingkat stres, maka semakin tinggi efek negatif yang ditimbulkan yang pada akhirnya akan mempengaruhi hasil belajar mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan tingkat stres dengan prestasi belajar pada mahasiswa keperawatan tingkat III dan IV. Desain penelitian yaitu korelasional pendekatan cross sectional. Variabel independen penelitian ini adalah tingkat stres dan variabel dependen adalah prestasi belajar. Populasinya adalah mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya tingkat III dan IV sebanyak 90 orang responden. Penelitian ini menggunakan sampling jenuh diperoleh sampel sebanyak 90 orang responden. Uji hipotesis menggunakan uji korelasi Rank Spearman’s. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada korelasi sedang yang bermakna antara tingkat stres dengan prestasi belajar (r = 0,427; p= 0,000). Arah korelasi positif semakin tinggi tingkat stres, maka semakin tinggi prestasi belajar, artinya ada hubungan yang searah antara tingkat stres dengan prestasi belajar. Mahasiswa diharapkan lebih giat belajar dan menerapkan strategi koping yang adaptif agar respon stres menurun.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Department: | ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Nursing" not defined] |
Uncontrolled Keywords: | Prestasi belajar, tingkat stres, mahasiswa keperawatan |
Subjects: | Nursing Science |
Divisions: | Faculty of Nursing > Nursing Science Study Program |
Depositing User: | Users 6354 not found. |
Date Deposited: | 25 Jan 2019 07:59 |
Last Modified: | 11 Feb 2019 04:07 |
URI: | https://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/16845 |
Actions (login required)
View Item |