Lestari, Christina Elvi (2017) Perbedaan psychological well-being guru SMA yang berstatus tetap dan tidak tetap di Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.
Preview |
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (835kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf Download (241kB) | Preview |
![]() |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (132kB) |
![]() |
Text (BAB 3)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (194kB) |
![]() |
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (469kB) |
![]() |
Text (BAB 5)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (228kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Guru pada tingkatan SMA di Surabaya memiliki tugas yang penting selain mengajar yaitu guru harus mampu mengarahkan siswa-siswi untuk menentukan kelanjutan karir. Tugas tersebut dimiliki oleh guru yang berstatus tetap dan juga yang berstatus tidak tetap. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan psychological well-being pada guru SMA yang berstatus tetap dan tidak tetap di Surabaya. Skala yang digunakan adalah skala Psychological well-being yang merupakan teori Ryff (1989) yang terdiri dari 6 dimensi (self-acceptance, positive relations with others, autonomy, environmental mastery, purpose in life, personal growth). Guru harus memiliki psychological well-being. Partisipan dalam penelitian ini adalah guru SMA, 49 guru tetap dan 49 guru tidak tetap (N:99). Pengambilan sampel penelitian ini dilakukan dengan teknik purposive sampling. Data diperoleh dengan menggunakan Skala psychological well-being yang dibuat oleh peneliti. Analisis data menggunakan independent (t-test). Hasil analisis data menunjukkan nilai t sebesar 2.791 dan nilai p = 0,006 (p < 0,05) yang berarti ada perbedaan psychological well-being pada guru SMA yang berstatus tetap dan tidak tetap di Surabaya. Perbedaan tersebut terlihat dari psychological well-being guru tetap 14% pada kategori sangat tinggi sedangkan guru tidak tetap 6% pada kategori sangat tinggi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Department: | ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Psychology" not defined] |
Uncontrolled Keywords: | Psychological well-being, guru tetap, guru tidak tetap. |
Subjects: | Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Psychology Study Program |
Depositing User: | Users 4858 not found. |
Date Deposited: | 20 Dec 2017 08:10 |
Last Modified: | 21 Dec 2017 14:04 |
URI: | https://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/12915 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |