Perdana, Yohanes Wahyu (2017) Pegembangan perangkat pembelajaran dengan Model Direct Instruction berbantuan media berbasis komputer untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan gerak melingkar beraturan di SMAK Santa Agnes Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.
Preview |
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf Download (173kB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (489kB) |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (439kB) |
|
Preview |
Text (BAB 5)
BAB V.pdf Download (263kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (11MB) |
Abstract
Mata pelajaran fisika pada umumnya dianggap sulit oleh sebagian besar siswa khususnya siswa di Sekolah Menengah Atas Katolik (SMAK) Santa Agnes Surabaya. Anggapan ini membuat siswa menjadi kurang berminat mempelajari fisika. Pada umumnya siswa menjadi pasif dan tidak mau bertanya jika belum mengerti materi pelajaran sehingga guru kesulitan dalam mengetahui tingkat pemahaman siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran fisika pada pokok bahasan gerak melingkar beraturan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Metode penelitian dan pengembangan digunakan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran dengan model Direct Instruction dan media pembelajaran berbasis komputer. Subyek penelitian adalah siswa kelas X-2 SMAK Santa Agnes Surabaya. Instrumen penelitian meliputi perangakat pembelajaran yang dikembangkan. Perangkat pembelajaran yang menerapkan model pembelajaran Direct Instruction dengan memanfaatkan media berbasis komputer untuk pokok bahasan gerak melingkar beraturan telah dikembangkan. Perangkat pembelajaran terdiri dari: Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Buku Siswa (BS), Lembar Kegiatan Siswa (LKS), Rencana Evaluasi (RE) dan Media Berbasis Komputer berkategori baik, valid dan layak digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X-2 SMAK Santa Agnes Surabaya. Berdasarkan hasil validasi ahli, perangkat pembelajaran layak untuk digunakan. Hasil belajar menunjukkan 82,5% siswa kelas X-2 SMAK Santa Agnes Surabaya mencapai ketuntasan belajar dengan N-Gain Score 0,659837963 kategori sedang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Department: | ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Teacher Training and Education" not defined] |
Uncontrolled Keywords: | Perangkat Pembelajaran, Media Pembelajaran Berbasis Komputer, model pembelajaran Direct Instruction, Gerak melingkar beraturan |
Subjects: | University Publication |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Physics Education Study Program |
Depositing User: | Yohanes Wahyu Perdana |
Date Deposited: | 28 Jul 2017 02:43 |
Last Modified: | 28 Jul 2017 02:43 |
URI: | https://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/11619 |
Actions (login required)
View Item |