Rajagukguk, Rotua Martaulina (2017) Studi pelaksanaan standar pelayanan kefarmasian menurut Permenkes nomor 35 tahun 2014 di apotek jaringan di wilayah Surabaya Pusat. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.
Preview |
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (650kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf Download (165kB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (374kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (163kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (859kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (BAB 5)
BAB V.pdf Download (177kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (970kB) | Request a copy |
Abstract
Standar pelayanan kefarmasian merupakan tolok ukur yang digunakan bagi apoteker dalam melaksanakan pelayanan kefarmasian di apotek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan standar pelayanan kefarmasian berdasarkan Permenkes No. 35/2014 di apotek jaringan di Wilayah Surabaya Pusat. Penelitian ini merupakan penelitian non eksperimental dengan jenis penelitian deskriptif non analitik. Populasi penelitian yaitu seluruh apoteker di apotek jaringan di Wilayah Surabaya Pusat. Sampel penelitian yaitu apoteker pengelola apotek (APA) dari 10 apotek yang ditentukan secara proportionate cluster random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan pengisian kuesioner oleh responden yang memuat 39 pernyataan berdasarkan Permenkes No. 35/2014. Analisis data diinterpretasikan dengan skor total, yaitu 100-84,01% (kriteria sangat baik), 84-68,01% (kriteria baik), 68-52,01% (kriteria cukup baik), 52-36,01% (kriteria kurang baik) dan 36-20% (kriteria tidak baik). Hasil penelitian menunjukkan bahwa standar pelayanan kefarmasian di apotek jaringan di Wilayah Surabaya Pusat untuk pernyataan pelayanan manajerial mencapai 89,07% (kriteria sangat baik), pernyataan pelayanan farmasi klinik mencapai 86,84% (kriteria sangat baik) dan pernyataan pelayanan penunjang mencapai 85,00% (kriteria sangat baik). Dapat disimpulkan bahwa standar pelayanan kefarmasian di apotek jaringan di Wilayah Surabaya Pusat sudah memenuhi standar pelayanan kefarmasian berdasarkan Permenkes No. 35/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Department: | ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Pharmacy" not defined] |
Uncontrolled Keywords: | standar pelayanan kefarmasian, apotek jaringan, apoteker pengelola apotek (APA), Surabaya Pusat |
Subjects: | Pharmacy |
Divisions: | Faculty of Pharmacy > Pharmacy Study Program |
Depositing User: | Rotua Martaulina Rajagukguk |
Date Deposited: | 20 Jul 2017 06:57 |
Last Modified: | 20 Jul 2017 06:57 |
URI: | https://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/11378 |
Actions (login required)
View Item |