Frans Surya D, . (2011) Faktor-faktor terbentuknya OCB pada profesi guru. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.
Preview |
Text (BAB 1)
ABSTRAK.pdf Download (777kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf Download (232kB) | Preview |
![]() |
Text (BAB 2)
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (240kB) |
![]() |
Text (BAB 3)
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (221kB) |
![]() |
Text (BAB 4)
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (501kB) |
![]() |
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (239kB) |
Preview |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Download (322kB) | Preview |
Abstract
Dewasa ini masyarakat seringkali memilih pekerjaan hanya berdasarkan faktor benefit, beberapa diantaranya adalah seperti gaji, sikap atasan yang harus membela bawahannya, suasana kerja yang nyaman, rekan kerja yang sehati, tunjangan, menyangkut karier kedepannya. Kebanyakan orang cenderung menilai bahwa tolak ukur seorang pekerja yang baik adalah berasal dari gaji yang tinggi. Padahal belum tentu, komitmen dan integritas dari karyawan serta karya-karyanya lah yang dapat menentukan sebagai tolak ukur seorang karyawan memiliki nilai tambah atau tidak. Informan penelitian ini adalah dua orang guru. Peneliti mengambil subjek penelitian sesuai dengan kriteria-kriteria tertentu yang telah ditentukan berdasarkan teori. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Pengambilan data yang dilakukan adalah dengan in depth interview. Pertanyaan yang ingin dijawab adalah faktor-faktor yang dapat menyebabkan terbentuknya OCB pada guru. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa OCB terbentuk tidak terlepas dari motivasi internal dari individu itu sendiri, apresiasi memberikan dampak dari individu untuk semakin memperkuat dan mempertahankan perilakunya. Karena individu yang merasa dihargai, hal ini merupakan bagian dari reward yang diberikan secara tidak langsung terhadap diri individu itu sendiri, faktor yang berpengaruh besar adalah profesionalitas dan kecerdasan emosional, karakter dari organisasi nonprofit ataupun profit bukanlah suatu hal yang mendasari terbentuknya OCB, melainkan bagaimana individu tersebut mampu mengkomunikasikan setiap perbedaan yang ada di dalam dirinya dengan rekan kerjanya sehingga tidak timbul suatu konflik dan mampu memberikan suasana kerja yang kondusif dan nyaman
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Department: | ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Psychology" not defined] |
Uncontrolled Keywords: | Guru, faktor, OCB, profesionalitas, EQ |
Subjects: | Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Psychology Study Program |
Depositing User: | Christina Handini N |
Date Deposited: | 22 Jan 2015 04:41 |
Last Modified: | 28 Jan 2015 04:24 |
URI: | https://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/1060 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |