Irawan, Retha Septayuana (2017) Perancangan Standard Operating Procedures (SOP) siklus pengadaan barang pada Hotel V3 Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.
Preview |
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf Download (161kB) | Preview |
![]() |
Text (BAB 2)
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (694kB) |
![]() |
Text (BAB 3)
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (15kB) |
![]() |
Text (BAB 4)
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Preview |
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf Download (149kB) | Preview |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (968kB) |
Abstract
Indonesia merupakan salah satu Negara yang menarik banyak wisatawan untuk berkunjung. Tingkat pertumbuhan jumlah wisatawan mancanegara ke Indonesia terus meningkat tiap tahunnya. Hal ini tentunya tidak hanya dimanfaatkan oleh pengelola tempat pariwisata, namun juga para pengusaha hotel dan restauran-restauran di Indonesia. Banyaknya hotel yang didirikan memacu adanya persaingan ketat antar hotel. Oleh karena itu, tiap-tiap hotel harus memiliki keunikkan tersendiri dan memuaskan pelanggan yang menggunakan jasanya. Sebuah hotel yang baik, di dalamnya tentu terdapat prosedur yang teratur pula. Prosedur-prosedur tersebut biasanya terangkum dalam sebuah SOP. Kota Surabaya termasuk salah satu kota tempat tujuan wisata di Indonesia. Hotel V3 merupakan hotel berbintang 3 di kota Surabaya. Hotel V3 Sura baya memiliki masalah pada siklus pengadaan barang bagian dapur. Permasalahan yang ada tersebut, beberapa diantaranya dikarenakan tidak ada prosedur tertulis, sehingga proses bisnis tidak jelas dan berjalan tidak efektif. Sistem yang digunakan Hotel V3 adalah sebagian besar sistem manual dan sisanya adalah sistem terkomputerisasi. Seringkali terjadi kesalahan pada saat berjalannya proses bisnis yang nantinya akan menimbulkan kerugian. Penelitian ini berupa penelitian studi kasus yang tidak berhipotesis. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menganalisis penyebab permasalahan yang timbul pada siklus pengadaan barang serta mencari solusi yang tepat. Penulis sendiri menyimpulkan untuk menyusun Standard Operating Procedures (SOP). Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Department: | ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Business" not defined] |
Uncontrolled Keywords: | Sistem informasi akuntansi, Standard Operating Procedures (SOP), siklus pengadaan barang, bidang perhotelan |
Subjects: | Business > Accounting |
Divisions: | Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program |
Depositing User: | Users 4025 not found. |
Date Deposited: | 14 Feb 2017 03:16 |
Last Modified: | 14 Feb 2017 03:16 |
URI: | https://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/10151 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |