Penerapan model pembelajaran Direct Instruction berbantuan macromedia flash untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar fisika siswa kelas X-2 SMA St. Agnes Surabaya

Driprasetia, Rochy Yulianto (2016) Penerapan model pembelajaran Direct Instruction berbantuan macromedia flash untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar fisika siswa kelas X-2 SMA St. Agnes Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB SATU.pdf

Download (174kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB DUA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (589kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB TIGA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB EMPAT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB LIMA.pdf

Download (156kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Observasi awal yang telah dilakukan di kelas X-2 SMA St. Agnes Surabaya menunjukkan bahwa sebagian besar siswa tidak aktif terlibat dalam pembelajaran dan hasil tes fisika sebelumnya hanya 38,9 % siswa yang memenuhi standar ketuntasan minimal (SKM) dengan nilai rata-rata kelas adalah 53. Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa di kelas tersebut. Metode penelitian tindakan kelas dengan menerapkan pembelajaran Direct Instruction berbantuan Macromedia Flash pada pokok bahasan gerak melingkar dipilih untuk menyelesaikan permasalahan di kelas tersebut. Indikator keberhasilan ditetapkan meliputi keterlaksanaan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) ≥ 80%; rata-rata kelas ≥ 75; prosentase ketuntasan siswa ≥ 75% dan prosentase keaktifan siswa ≥ 75%. Instrumen penelitian meliputi dokumen nilai fisika sebelum Peneltian Tindakan Kelas, lembar observasi keterlaksanaan RPP, lembar obeservasi keaktifan siswa, dan tes hasil belajar fisika siswa. Dua siklus PTK diperlukan untuk mencapai indikator keberhasilan. Pada akhir siklus I prosentase keaktifan sebesar 72,2%; dengan prosentase siswa yang mencapai ketuntasan 66,7% dan nilai rata-rata kelas yaitu 74,8. Pada siklus II, prosentase keaktifan meningkat menjadi 86,1% dengan prosentase siswa yang mencapai ketuntasan 83,3%; dan nilai rata-rata kelas menjadi 79,3. Sementara untuk keterlaksanaan RPP secara keseluruhan dapat dikategorikan baik dengan prosentase keterlaksanaan RPP masing-masing adalah RPP pada siklus 1 (84,2%), RPP pada siklus 2 (90,2%). Dengan demikian penerapan Direct Instruction berbantuan Macromedia Flash di kelas X-2 SMA St. Agnes Surabaya berhasil meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Teacher Training and Education" not defined]
Uncontrolled Keywords: Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Direct Instruction, Macromedia Flash, Keaktifan, Prestasi
Subjects: Physic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Physics Education Study Program
Depositing User: Users 3273 not found.
Date Deposited: 10 Aug 2016 03:48
Last Modified: 10 Aug 2016 03:48
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/7854

Actions (login required)

View Item View Item