Besti, Meilan (2000) Pengaruh penempatan posisi produk (Product positioning) dan kemasan (Package) terhadap citra merek (Brand image) shampoo clear di Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.
Preview |
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf Download (2MB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
|
Text (BAB 3)
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text (BAB 4)
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
Preview |
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf Download (1MB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Adanya kemajuan teknologi menyebabkan adanya penemuan baru di segala bidang. Demikian juga yang terjadi dalam industri perawatan rambut. Dengan banyaknya badan usaha yang bergerak dalam bidang usaha perawatan rambut terutama shampoo, menyebabkan timbulnya persaingan antar badan usaha dalam merebut pangsa pasar. Persaingan antar badan usaha menyebabkan produsen shampoo harus menyiapkan suatu strategi pemasaran yang baik, karena untuk memasarkan produk baru sangat sulit. Kegiatan yang perlu dilakukan oleh badan usaha antara lain adalah melakukan segmentasi pasar, kedua memilih satu atau lebih segmen pasar yang akan dimasuki. Setelah itu badan usaha perlu menetapkan strategi penempatan posisi produk (product positioning strategy) dalam usahanya untuk menanamkan citra (image) di benak konsumen. Salah satu strategy yang digunakan Unilever untuk memasarkan shampoo Clear sebagai shampoo yang benar-benar efektif dalam mengatasi ketombe dan membuat rambut lembut sehingga mudah untuk ditata adalah dengan melakukan suatu strategi penempatan posisi produk. Bentuk dari penempatan posisi produk (product positioning) adalah dengan menggunakan slogan "Clear 1x Keramas Ketombe Tidak Tampak Lagi". Selain itu slogan yang lain adalah "Clear Efektif Melawan Ketombe, Lembut Bagi Rambut". Diharapkan dengan slogan itu, citra masyarakat akan terbentuk dan masyarakat percaya akan kemampuan produk shampoo itu dalam mengatasi ketombe sehingga masyarakat akan menggunakannya. Shampoo Clear dikemas dalam kemasan ukuran 150 ml dan 300 ml. Unilever menampilkan kemasan shampoo Clear dengan kemasan yang khas, dan berbeda dengan kemasan merek shampoo lainnya. Tujuan dari Unilever dengan membuat bentuk kemasan yang khas sehingga berbeda dengan merek shampoo lainnya adalah untuk membentuk citra masyarakat tentang produk shampoo Clear sehingga masyarakat akan mudah mengingat tentang produk shampoo Clear. Dari uraian diatas, dapat disimpulkan bahwa penempatan posisi produk dalam bentuk slogan dan kemasan shampoo Clear yang khas sehingga berbeda dengan merek shampoo lainnya secara bersama-sama mempengaruhi persepsi/citra masyarakat terhadap merek shampoo Clear
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Department: | ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Business" not defined] |
Subjects: | Business > Management |
Divisions: | Faculty of Business > Management Undergraduate Study Program |
Depositing User: | Users 3017 not found. |
Date Deposited: | 10 Nov 2016 08:44 |
Last Modified: | 10 Nov 2016 08:44 |
URI: | http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/7576 |
Actions (login required)
View Item |