Penerapan metode pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa pada pokok bahasan suhu dan kalor di kelas x ipa sma “x” Kota Mojokerto

Handayani, Cindy Meri (2015) Penerapan metode pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa pada pokok bahasan suhu dan kalor di kelas x ipa sma “x” Kota Mojokerto. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (678kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (209kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (516kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (455kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (537kB)
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (201kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (597kB)

Abstract

Berdasarkan observasi awal yang dilakukan oleh peneliti di kelas X IPA SMA “X” kota Mojokerto menunjukkan bahwa keaktifan dan hasil belajar siswa rendah, pada saat proses pembelajaran berlangsung banyak siswa yang mengobrol dengan temannya dan tidak memperhatikan penjelasan guru. Hal inilah yang menyebabkan prosentase keaktifan siswa di kelas hanya 20% dan prosentase hasil belajar siswa sebesar 26,67 (dengan skor rata-rata 61,2) Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa pada pokok bahasan suhu dan kalor dengan menggunakan metode inkuiri terbimbing. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Indikator penelitian ini adalah minimal 75% siswa aktif mengikuti kegiatan pembelajaran dan minimal 75% siswa kelas mencapai SKM (rata- rata kelas minimal 80). Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus. Hasil dari penelitian ini, pada siklus I prosentase keaktifan siswa adalah 46,67%, prosentase ketuntasan siswa 46,67%, serta prosentase keterlaksanaan RPP sebesar 78,33%. Pada siklus II, prosentase keaktifan siswa adalah 86,67%, prosentase ketuntasan siswa 80% serta prosentase keterlaksanaan RPP sebesar 88,33%. Berdasarkan hasil tersebut dapat dilihat bahwa metode inkuiri terbimbing dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa pada pokok bahasan suhu dan kalor di kelas X IPA SMA “X” kota Mojokerto.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Teacher Training and Education" not defined]
Uncontrolled Keywords: Metode inkuiri terbimbing, Keaktifan, Hasil Belajar, Suhu dan Kalor
Subjects: Physic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Physics Education Study Program
Depositing User: Thomas Aryanatan Lena
Date Deposited: 15 Jul 2016 02:06
Last Modified: 15 Jul 2016 02:06
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/7216

Actions (login required)

View Item View Item