Makna laki-laki dalam iklan A Mild Go A Head versi “Manimal”

Permana, Danni (2015) Makna laki-laki dalam iklan A Mild Go A Head versi “Manimal”. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf

Download (398kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
bab 1.pdf

Download (103kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (69kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (47kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (932kB)
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
bab 5.pdf

Download (16kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengungkap bagaimana makna laki-laki dalam iklan A Mild Go A Head versi Manimal. Banyak iklan rokok yang mempunyai produk rokok dengan memakai nama Mild. A Mild dengan iklan versi Manimal membuat peneliti tertarik dengan adanya iklan ini di televisi. Iklan ini sendiri menampilkan tidak hanya satu karakter laki-laki tetapi ada lima sosok laki-laki yang mendominasi iklan ini. Peneliti menggunakan metode analisis Semiotika model Peirce untuk melihat makna laki-laki yang muncul dalam iklan rokok A Mild Go A Head versi Manimal. Dengan Analisis Semiotika Model Peirce, peneliti menemukan tiga makna maskulin yang ada dalam iklan A Mild Go A Head. Tiga makna ini sejatinya mendominasi dalam setiap scene yang muncul dan menampilkan sesosok pria dengan makna feminim, pemberontak, dan nasis. Perlambangan makna tersebut tertanam dalam sosok hewan singa, serigala, zebra, merak dan sosok manimal yang ada di iklan Manimal ini. Manimal adalah perumpamaan dari manusia hewan dengan kata lain manusia setengah hewan. Perumpamaan ini menjawab bahwa laki-laki kadang berperilaku seperti hewan yang tidak memperdulikan teman dan lingkungan tempat tinggal. Makna feminim lebih menonjol dalam penelitian ini terlihat pada penampilan dan gaya mereka. Seperti halnya wanita pria yang berada dalam iklan ini mempunyai setting selayaknya wanita.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Communication Science" not defined]
Uncontrolled Keywords: Manimal, analisis semiotika, iklan rokok, A Mild A Go Head
Subjects: Communication Science
Divisions: Faculty of Communication Science > Communication Science Study Program
Depositing User: Thomas Aryanatan Lena
Date Deposited: 28 Mar 2016 04:03
Last Modified: 28 Mar 2016 04:03
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/6631

Actions (login required)

View Item View Item