Bias gender dalam iklan susu (Analisis semiotika mengenai bias gender dalam iklan susu SGM versi "Tunjuk Tangan")

Soekotjo, Elvina (2016) Bias gender dalam iklan susu (Analisis semiotika mengenai bias gender dalam iklan susu SGM versi "Tunjuk Tangan"). Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (998kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (507kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (411kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (932kB)
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB V.pdf

Download (216kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (931kB)

Abstract

Iklan susu SGM versi “tunjuk tangan” yang ditayangkan di televisi Indonesia, memuat pemeran baik dari orang dewasa dan anak-anak, perempuan dan laki-laki. Dalam iklan ini, ditunjukkan perbedaan antara era sebelum modern (tahun 1954) dengan era modern (tahun 2014). Pada era modern, perempuan dan laki-laki digambarkan bekerja dalam sektor publik bersanding dengan laki-laki. Iklan ini berbeda dengan iklan lainnya yang masih tetap berpegang pada budaya patriarki, yaitu terjadi penyimpangan-penyimpangan gender yang didukung oleh ideologi gender, sehingga terjadi ketidakadilan terhadap perempuan (Muniarti, 2004:74). Peneliti ingin mengeksplorasi bagaimana bias gender ditampilkan oleh media. Metode yang digunakan adalah analisis semiotik dari Roland Barthes dan jenis penelitian kualitatif eksploratif. Hasil penelitiannya adalah bias gender yang ditampilkan melalui visualisasi iklan, terdapat dalam berbagai aspek, antara lain hubungan keluarga, hubungan kerja, pendidikan, dan budaya. Tidak hanya bias, namun gender ini juga disosialisasikan secara turun temurun oleh agen-agen sosialisasi gender, seperti keluarga, sistem pendidikan, dan budaya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Communication Science" not defined]
Uncontrolled Keywords: Semiotika, bias gender, konstruksi media massa, iklan televisi, susu SGM.
Subjects: Communication Science
Divisions: Faculty of Communication Science > Communication Science Study Program
Depositing User: Users 2609 not found.
Date Deposited: 08 Mar 2016 03:15
Last Modified: 08 Mar 2016 03:15
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/6280

Actions (login required)

View Item View Item