Angriawan, Dewi Kusumawati (2016) Pembuatan perangkat pembelajaran Model Direct Instruction berbantuan Media Audio untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VII SMPK Angelus Custos 1 Surabaya dalam pokok bahasan usaha dan energi. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University.
Preview |
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf Download (211kB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (645kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (501kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (756kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf Download (98kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Fisika merupakan salah satu mata pelajaran yang kurang digemari oleh siswa, baik siswa SMA maupun SMP. Salah satu penyebabnya adalah banyaknya rumus dan perhitungan yang muncul saat mengerjakan soal. Siswa cenderung untuk pasrah dan kurang termotivasi untuk belajar. Hal ini dapat dilihat dari tes awal yang diadakan peneliti sebelum melaksanakan penelitian. Hanya 3 dari 34 siswa yang nilainya mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Dari penjelasan di atas, penulis melakukan suatu penelitian pengembangan tentang “PembuatanPerangkatPembelajaran Model Direct InstructionBerbantuan Media Audio untukMeningkatkanMotivasidanHasilBelajarSiswakelas VII SMPK Angelus Custos 1 Surabaya dalamPokokBahasan Usaha danEnergi”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah perangkat pembelajaran model Direct Instruction berbantuan musik pengiring rumus yang dinyanyikan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan meningkatkan motivasi.Perangkat pembelajaran diuji dengan menggunakan tes awal dan tes akhir. Pengumpulan data penelitian menggunakan teknik validasi, observasi, dan kuesioner. Hasil penelitian berupa perangkat pembelajaran yang terdiri dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Buku Siswa (BS), Lembar Kegiatan Siswa (LKS), LKS untuk Guru (LKSG), dan Rencana Evaluasi (RE). Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran model Direct Instruction yang sudah disusun berkategori baik dan efektif untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa SMPK Angelus Custos 1 Surabaya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Department: | ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Teacher Training and Education" not defined] |
Uncontrolled Keywords: | Perangkat pembelajaran, musik, rumus yang dinyanyikan, Model Direct Instruction, Media Audio, motivasi, hasil belajar siswa |
Subjects: | Physic Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Physics Education Study Program |
Depositing User: | Users 2707 not found. |
Date Deposited: | 04 Feb 2016 01:55 |
Last Modified: | 04 Feb 2016 01:55 |
URI: | http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/5385 |
Actions (login required)
View Item |