Khasanah, Milatun (2014) Penerapan metode inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterlibatan dan hasil belajar siswa kelas VIII B SMP Kristen YBPK 1 Surabaya pada pokok bahasan getaran dan gelombang. Undergraduate thesis, UNSPECIFIED.
Preview |
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf Download (549kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
Bab 1.pdf Download (295kB) | Preview |
Text (BAB 2)
Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (618kB) |
|
Text (BAB 3)
Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (336kB) |
|
Text (BAB 4)
Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (874kB) |
|
Preview |
Text (BAB 5)
Bab 5.pdf Download (94kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Keterlibatan siswa kelas VIII B SMP Kristen YBPK 1 Surabaya dalam pembelajaran Fisika masih jauh dari harapan. Akibatnya hasil belajarpun belum mencapai harapan, diketahui bahwa keterlibatan dan hasil belajar siswa pada pelajaran fisika masih rendah. Prosentase keterlibatan adalah sebesar 36,7%, sedangkan nilai ulangan siswa yang memenuhi SKM hanya 26,67 %, dengan nilai rata-rata kelas adalah 57,6. Oleh karena itu, perlu diterapkan suatu metode pembelajaran yang mampu memotivasi siswa terlibat dalam pembelajaran, salah satunya adalah metode Inkuiri. Penelitian ini bertujuan meningkatkan keterlibatan dan hasil belajar siswa pada pelajaran Getaran dan Gelombang dengan menerapkan metode inkuiri terbimbing. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas. Subyeknya yaitu siswa kelas VIII B SMP Kristen YBPK 1 Surabaya pada Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Instrumen pengumpulan data adalah lembar observasi, tes, dan wawancara. Data analisis secara deskriptif menggunakan tabel dan gambar, kemudian diberi pemaknaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keterlibatan siswa dan hasil belajar. Pada siklus I prosentase keterlibatannya sebesar 63,3 %,sedangkan nilai rata-rata kelas yaitu 71,03 dengan prosentase ketuntasan 43,33 %. Pada siklus II, prosentase keterlibatannya meningkat menjadi 83,3 % dan nilai rata-rata kelas menjadi 82, dengan prosentase ketuntasan 83,33%.Sementara untuk keterlaksanaan RPP secara keseluruhan dapat dikategorikan baik dengan prosentase keterlaksanaan masing-masing adalah RPP 1 (82,05%), RPP 2 (89,7%).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode inkuiri terbimbing, keterlibatan, hasil b |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Physics Education Study Program |
Depositing User: | Thomas Aryanatan Lena |
Date Deposited: | 25 Jan 2016 06:59 |
Last Modified: | 25 Jan 2016 06:59 |
URI: | http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/5069 |
Actions (login required)
View Item |