"Speak training" untuk penderita tuna rungu

Lomantoro, Alvin (2007) "Speak training" untuk penderita tuna rungu. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (274kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1BAB 2]
Preview
Text (BAB 1BAB 2)
BAB 1.pdf

Download (97kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (974kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (853kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (524kB)
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (68kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Pada skripsi ini akan dibahas mengenai ˮ SPEAK TRAINING ˮ Untuk Penderita Tuna Rungu. Tujuan dari pembuatan skripsi ini adalah membuat alat bantu proses pembelajaran kata untuk anak tuna rungu. Alat ini dirancang untuk alat bantu penderita tuna rungu ringan dan sedang. Pembelajaran dilakukan melalui suara yang masuk melalui mikrofon kemudian dilakukan penguatan pada amplifier dan outputnya pada headphone. Push button terhubung microcontroller yang digunakan untuk menjalankan motor stepper dalam mengubah volume amplifier, push button yang terhubung dengan microcontroller juga berfungsi sebagi on / off pada amplifier dan CCTV melaui pengaturan relay. Jadi microcontroller dalam alat ini sangat berperan penting pengoperasian seluruh periperah / perangkat keras (hardware). Jika anak masih belum mengenal suara tersebut maka digunakan TV/display. Penggunaan TV/display untuk mempermudah anak untuk melihat gerak bibir pengajarnya Pengukuran dan pengujian yang dilakukan terbagi menjadi dua tahap. Pada tahap pertama, pengujian dilakukan pada masing-masing rangkaian secara independent. Tahap kedua merupakan pengujian penggabungan rangkaian-rangkaian yang ada sehingga dapat berfungsi untuk menampilkan intensitas suara dalam dB untuk penderita tuna rungu tersebut. Dengan dilakukan pengujian pada ini dapat disimpulkan babwa Alat ini berfungsi dengan baik dan sesuai dengan tujuan karena berhasil untuk diuji terhadap penderita tuna rungu ringan dan sedang sehingga sudah memenuhi syarat untuk digunakan pada lembaga pendidikan tuna rungu, Berdasarkan pengukuran penguatan tegangan pada rangkain amplifier diperoleh penguatan tegangan pada frekuensi = 1000 Hz adalah min = 35 kali, rata -rata = 42,1 kali dan max = 53,8 kali, pengukuran dari respon frekuensi amplifier tabel 4.3. menunjukkan bahwa Vout max terletak pada range frekuensi 800 Hz -80 Khz,untuk tuna rungu ringan antara 14 dB sampai 30 dB pengujian dengan suku kata A, U, E, ibu, bola, pepaya,buaya, sepatu, celana berhasil 100%, tetapi untuk kata buku hanya berhasil 50% dengan pelafalan yang tidak jelas, sedangkan untuk suku .kata mata, bapak gagal. Untuk tuna rungu sedang antara 34,4 dB sampai 53,5 dB pengujian dengan suku kata A, U, E, 0, ibu, bola berbasil 100%, tetapi untuk suku kata sepeda, pepaya, sepatu, celana hanya berhasil 50%, dan untuk suku kata I, mata, bapak, buku, buaya gagal, Terjadi kegagalan dikarenakan yang didengar anak-anak terdapat bunyi suku kata yang hampir menyerupai sehingga sulit untuk membedakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty Of Engineering" not defined]
Subjects: Engineering
Engineering > Electrical Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Electrical Engineering Study Program
Depositing User: Users 32 not found.
Date Deposited: 11 Mar 2016 07:59
Last Modified: 11 Mar 2016 07:59
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/4785

Actions (login required)

View Item View Item