Analisis penerapan aktivitas pengendalian internal sistem informasi akuntansi pada siklus pendapatan jasa (studi praktik kerja pada hotel bintang empat)

Nathania, Ruth Edrea (2014) Analisis penerapan aktivitas pengendalian internal sistem informasi akuntansi pada siklus pendapatan jasa (studi praktik kerja pada hotel bintang empat). Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (310kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1.pdf

Download (192kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
Bab 5.pdf

Download (189kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN]
Preview
Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf

Download (193kB) | Preview

Abstract

Suatu pengendalian internal yang baik akan mendukung suatu sistem informasi akuntansi untuk menghasilkan informasi yang akurat, tepat waktu, dan relevan guna membantu manajemen dalam mengambil keputusan. Hotel X adalah hotel berbintang empat yang berada dalam salah satu jaringan group hotel internasional. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengendalian internal yang diterapkan pihak hotel pada sistem informasi akuntasi atas siklus pendapatannya sudah sepenuhnya berjalan dengan baik atau tidak. Analisis dilakukan dengan membandingkan antara pedoman baku hotel dengan aktivitas yang terjadi, serta melalui enam komponen aktivitas pengendalian internal, yaitu otorisasi transaksi, pemisahan tugas, supervisi, catatan akuntansi, akses, dan verifikasi independen. Penelitian ini merupakan penelitian deskritif dan jenis data adalah data kualitatif yang diperoleh dari pihak Hotel X. Sedangkan metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, dokumentasi, dan observasi. Kelemahan yang terjadi pada Hotel X, diantaranya seperti belum adanya pemisahan tugas yang memadai pada bagian front office, pendistribusian dan desain dokumen yang belum berjalan dengan baik, serta belum memiliki standart operating procedure secara tertulis pada prosedur penagihan dan pelunasan piutang sehingga dapat menimbulkan kerancuan akibat tidak memiliki pedoman yang jelas. Oleh karena itu, untuk mengatasi permasalahan tersebut perlu dilakukan perbaikkan pada prosedur penjualan jasa sewa kamar, perbaikkan dokumen, dan menyusun standart operating procedure secara tertulis untuk prosedur penagihan piutang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Business" not defined]
Uncontrolled Keywords: Pengendalian internal, sistem informasi akuntansi, siklus pendapatan, standart operating procedure.
Subjects: Business > Accounting
Business
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Thomas Aryanatan Lena
Date Deposited: 19 Jan 2016 03:49
Last Modified: 19 Jan 2016 03:49
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/4684

Actions (login required)

View Item View Item