Pembuatan media pembelajaran fisika berbasis video dengan pokok bahasan fluida tidak bergerak sebagai media pendamping belajar untuk siswa SMA

Ifan, Eugenius (2015) Pembuatan media pembelajaran fisika berbasis video dengan pokok bahasan fluida tidak bergerak sebagai media pendamping belajar untuk siswa SMA. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1.pdf

Download (40kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (65kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
Bab 5.pdf

Download (21kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN]
Preview
Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf

Download (420kB) | Preview

Abstract

Fluida tidak bergerak merupakan salah satu materi fisika yang diajarkan pada siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). Fakta menunjukan bahwa konsep fluida tidak bergerak pada kenyataannya tidak banyak dimengerti oleh siswa. Siswa membutuhkan media alternatif untuk membantu memahami materi fluida tidak bergerak. Salah satu pilihan media pembelajaran yang dapat digunakan untuk menunjang proses belajar siswa adalah dengan video. Media berbasis video merupakan salah satu media pilihan yang dapat digunakan untuk menampilkan visualisasi materi pada pokok bahasan tersebut berupa penjelasan dari seorang presenter, yang dipadu dengan visualisasi dari materi fluida tidak bergerak. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis video yang berkaitan dengan pembelajaran fisika pada pokok bahasan fluida tidak bergerak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode perancangan dan pengembangan yang berorientasi pada produk media pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa 88.23% siswa menyatakan media yang telah dibuat dapat membantu siswa dalam mempelajari materi fisika pada pokok bahasan fluida tidak bergerak, dan 91.01% siswa menyatakan bahwa video pembelajaran yang telah dibuat dapat membantu siswa dalam belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Teacher Training and Education" not defined]
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran, fisika, video, fluida tidak bergerak
Subjects: Physic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Physics Education Study Program
Depositing User: Operator 2 Student Staff
Date Deposited: 18 Jan 2016 05:04
Last Modified: 18 Jan 2016 05:04
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/4066

Actions (login required)

View Item View Item