Studi kasus kualifikasi akademik guru pendidikan anak usia dini di Surabaya Grammar School III

Putri, Elysa Asmara Omega (2024) Studi kasus kualifikasi akademik guru pendidikan anak usia dini di Surabaya Grammar School III. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (699kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (131kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (732kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (342kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 6] Text (BAB 6)
BAB 6.pdf

Download (127kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pentingnya kualifikasi akademik S1 Guru Pendidikan Anak Usia Dini dalam dunia anak usia dini. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode studi kasus, pengumpulan data dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi secara kualitatif. Dalam penelitian ini terdapat guru Surabaya Grammar School III yang belum memiliki kualifikasi akademik S1 Guru Pendidikan Anak Usia Dini, uniknya para guru mampu membimbing, mendidik, mengajar, dan mengevaluasi anak usia dini. Namun, para guru mendapatkan fasilitas studi lanjut S1 Guru Pendidikan Anak Usia Dini secara bergantian dari managemen sekolah Surabaya Grammar School III. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa para guru yang mengikuti seminar, pelatihan dan mengasah potensi diri dalam bergabung di dunia pendidikan anak usia dini adalah cara para guru Surabaya Grammar School III mampu mendidik, membimbing, mengajar, dan mengevaluasi sesuai tingkat perkembangan anak usia dini. Namun, menjadi guru dimasa kini wajib memiliki kualifikasi akademik yang sesuai dengan bidangnya, dikarenakan lulusan akademik yang linier dan tidaknya linier di bidang pendidikan akan berdampak pada pemahaman kode etik guru PAUD, penguasaan kompetensi guru PAUD dan peningkatan mutu pendidikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Pendidikan Guru PAUD
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Anggraini, Kristin
NIDN0707097903
kristinanggraini@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Guru PAUD, kualifikasi akademik PAUD.
Subjects: Early Childhood Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Early Childhood Education Study Program
Depositing User: Elysa Asmara Omega Putri
Date Deposited: 24 Jul 2024 09:15
Last Modified: 24 Jul 2024 09:15
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/40410

Actions (login required)

View Item View Item