Penerapan pembelajaran teacher centred dalam masa transisi kurikulum merdeka di TKS PKK Kalijudan Surabaya

Widyasari, Glorya Ananda (2024) Penerapan pembelajaran teacher centred dalam masa transisi kurikulum merdeka di TKS PKK Kalijudan Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK (4).pdf

Download (628kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (143kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 6] Text (BAB 6)
BAB 6.pdf

Download (194kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi melalui fenomena pembelajaran teacher centred yang masih digunakan pada pembelajaran anak usia dini di TKS PKK Kalijudan Surabaya, di tengah masa transisi menuju Kurikulum Merdeka. Penelitian ini diharapkan mampu digunakan sebagai sarana untuk melihat alasan dibalik fenomena yang terjadi, karena hal ini perlu untuk diketahui. Tidak bisa hanya semata-mata menyalahkan guru tanpa mengetahui alasan pasti mengapa mereka tetap menggunakan pembelajaran yang berbasis teacher centred hingga pada saat ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis fenomenologi. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi kepada dua wali kelas dan dua guru pendamping kelas TK B selama 18 hari. Hasil dari penelitian ini menunjukkan penerapan pembelajaran Teacher Centred masih terjadi di TKS PKK Kalijudan Surabaya pada masa transisi Kurikulum Merdeka karena sekolah perlu untuk mempertimbangkan jumlah siswa, keinginan orang tua, kesiapan guru, waktu, hingga dana yang akan dikeluarkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Pendidikan Guru PAUD
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Takumansang, Regina Christine
NIDN0715058904
regina@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Penerapan pembelajaran, teacher centred, masa transisi, kurikulum merdeka.
Subjects: Early Childhood Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Early Childhood Education Study Program
Depositing User: GLORYA ANANDA WIDYASARI
Date Deposited: 22 Jul 2024 04:37
Last Modified: 22 Jul 2024 04:37
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/40382

Actions (login required)

View Item View Item