Widyasari, Glorya Ananda (2024) Penerapan pembelajaran teacher centred dalam masa transisi kurikulum merdeka di TKS PKK Kalijudan Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK (4).pdf Download (628kB) |
|
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf Download (143kB) |
|
Text (BAB 2)
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (162kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (88kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (137kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 6)
BAB 6.pdf Download (194kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi melalui fenomena pembelajaran teacher centred yang masih digunakan pada pembelajaran anak usia dini di TKS PKK Kalijudan Surabaya, di tengah masa transisi menuju Kurikulum Merdeka. Penelitian ini diharapkan mampu digunakan sebagai sarana untuk melihat alasan dibalik fenomena yang terjadi, karena hal ini perlu untuk diketahui. Tidak bisa hanya semata-mata menyalahkan guru tanpa mengetahui alasan pasti mengapa mereka tetap menggunakan pembelajaran yang berbasis teacher centred hingga pada saat ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis fenomenologi. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi kepada dua wali kelas dan dua guru pendamping kelas TK B selama 18 hari. Hasil dari penelitian ini menunjukkan penerapan pembelajaran Teacher Centred masih terjadi di TKS PKK Kalijudan Surabaya pada masa transisi Kurikulum Merdeka karena sekolah perlu untuk mempertimbangkan jumlah siswa, keinginan orang tua, kesiapan guru, waktu, hingga dana yang akan dikeluarkan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Department: | S1 - Pendidikan Guru PAUD |
Contributors: | Contribution Contributors NIDN / NIDK Email Thesis advisor Takumansang, Regina Christine NIDN0715058904 regina@ukwms.ac.id |
Uncontrolled Keywords: | Penerapan pembelajaran, teacher centred, masa transisi, kurikulum merdeka. |
Subjects: | Early Childhood Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Early Childhood Education Study Program |
Depositing User: | GLORYA ANANDA WIDYASARI |
Date Deposited: | 22 Jul 2024 04:37 |
Last Modified: | 22 Jul 2024 04:37 |
URI: | http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/40382 |
Actions (login required)
View Item |