Ketika Fans “Menikahi” Idolanya: Studi Fenomenologi tentang Loyalitas Fandom BTS

Riona, Jennifer and Krisdinanto, Nanang (2021) Ketika Fans “Menikahi” Idolanya: Studi Fenomenologi tentang Loyalitas Fandom BTS. Ketika Fans “Menikahi” Idolanya: Studi Fenomenologi tentang Loyalitas Fandom BTS, 9 (1). pp. 16-34. ISSN 2338-431X

[thumbnail of Ketika Fans “Menikahi” Idolanya: Studi Fenomenologi tentang Loyalitas Fandom BTS] Text (Ketika Fans “Menikahi” Idolanya: Studi Fenomenologi tentang Loyalitas Fandom BTS)
16. Ketika_fans_“Menikahi”_idolanya_.pdf

Download (507kB)
[thumbnail of Ketika Fans “Menikahi” Idolanya: Studi Fenomenologi tentang Loyalitas Fandom BTS] Text (Ketika Fans “Menikahi” Idolanya: Studi Fenomenologi tentang Loyalitas Fandom BTS)
16. Ketika_fans_“Menikahi”_idolanya_hasil cek similarity.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of Ketika Fans “Menikahi” Idolanya: Studi Fenomenologi tentang Loyalitas Fandom BTS] Text (Ketika Fans “Menikahi” Idolanya: Studi Fenomenologi tentang Loyalitas Fandom BTS)
16-Ketika_Fans_‘Menikahi’_Korespondensi_.pdf

Download (260kB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada fenomena subkultur fandom, yaitu perilaku anggota Army Surabaya (kelompok penggemar grup K-Pop BTS yang berbasis di Surabaya), terutama terkait loyalitas terhadap grup idolanya. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif, sedangkan metode yang digunakan adalah fenomenologi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam untuk memperoleh pemaknaan loyalitas yang diceritakan oleh Army Surabaya dari sudut pandang mereka sendiri. Hasil penelitian ini menunjukkan, loyalitas terhadap idola dimaknai sebagai kewajiban yang harus dilakukan secara tulus sebagai imbal-balik perjuangan idolanya. Teknologi informasi juga membuat relasi Army Surabaya dan idolanya juga telah melampaui kehidupan nyata, yang terlihat dari dianggapnya sang idola sebagai kekasih atau suami virtual. Mereka telah mengembangkan ikatan atau hubungan khusus dengan grup idolanya yang hanya dapat dirasakan diri mereka sendiri. Hasil penelitian juga menunjukkan, loyalitas Army Surabaya terhadap BTS telah mencapai tahapan yang disebut The Marriage.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: fans; Army Surabaya; loyalitas; fenomenologi
Subjects: Communication Science
Divisions: Journal Publication
Depositing User: F.X. Hadi
Date Deposited: 25 Mar 2024 07:15
Last Modified: 26 Mar 2024 06:34
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/39495

Actions (login required)

View Item View Item