Stimulasi pengenalan angka melalui media pembelajaran smart board for kids

Anggraini, Kristin, Wati, Sindy Anugerah, Takumansang, Regina Christine and Simanjuntak, Anita Roslina (2024) Stimulasi pengenalan angka melalui media pembelajaran smart board for kids. Working Paper Staff (Laporan Penelitian Dosen). Faculty of Teacher Training and Education, Surabaya. (Submitted)

[thumbnail of Stimulasi pengenalan angka melalui media pembelajaran smart board for kids] Text (Stimulasi pengenalan angka melalui media pembelajaran smart board for kids)
19 FEB 2024_BU KRISTIN_LAPORAN ABDIMAS.pdf

Download (798kB)

Abstract

Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah mengenalkan angka melalui media pembelajaran Smart Board for Kids. Menurut Fauziddin & Elyana (2018) bahwa untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak terutama dalam membilang angka, diperlukan penggunaan media berupa benda-benda konkret yang dikemas menarik. Bentuk media pembelajaran yang bisa dipakai dalam mengoptimalkan aspek perkembangan anak terutama aspek perkembangan kognitif sesuai dengan tingkat perkembangan anak yaitu dengan menggunakan media permainan Smart Board for Kids. Adapun Smart Board for Kids ini merupakan media pembelajaran yang telah diteliti oleh salah satu anggota tim abdimas yaitu Kristin dan telah terbukti mempengaruhi kemampuan kognitif anak terutama dalam pengenalan angka (Anggraini, 2018). Adapun mitra pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah TK Indriyasana VII yang tergabung dalam Yayasan Dharma Ibu Surabaya yang terletak di Jl. Dukuh Kupang XXX/51 Surabaya. Adapun jumlah peserta didik yang duduk di TK A saat ini adalah 10 orang. Pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan selama 2 bulan dan terdiri atas 2 tahap yaitu tahap pengenalan media dan tahap penggunaan media. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Untuk menarik kesimpulan dari hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat, dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan uji-t. Sebelum melakukan uji-t, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas terhadap hasil penelitian. Dimana nilai alpha lebih dari 0.05, maka data dianggap cukup baik dan reliabel. Sedangkan uji hipotesis dilakukan untuk mengetahui pengaruh stimulasi media pembelajaran Smart Board for Kids terhadap pengenalan angka pada anak usia dini. Kesimpulannya, bahwa media pembelajaran Smart Board for kids dapat meningkatkan pengenalan angka pada anak usia dini

Item Type: Monograph (Working Paper Staff (Laporan Penelitian Dosen))
Department: S1 - Pendidikan Guru PAUD
Uncontrolled Keywords: Pengenalan angka, media pembelajaran, smart board for kids.
Subjects: Early Childhood Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Early Childhood Education Study Program
Depositing User: SPd., M.Pd Kristin Anggraini
Date Deposited: 19 Feb 2024 06:15
Last Modified: 19 Feb 2024 06:15
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/39133

Actions (login required)

View Item View Item