Pengaruh media computational thinking sheet for kids (CTSK) terhadap aspek perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun di TK Indriyasana VII Surabaya

Wati, Sindy Anugerah, Takumansang, Regina Christine, Simanjuntak, Anita Roslina and Anggraini, Kristin (2024) Pengaruh media computational thinking sheet for kids (CTSK) terhadap aspek perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun di TK Indriyasana VII Surabaya. Working Paper Staff (Laporan Penelitian Dosen). Faculty of Teacher Training and Education, Surabaya. (Submitted)

[thumbnail of Pengaruh media computational thinking sheet for kids (CTSK) terhadap aspek perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun di TK Indriyasana VII Surabaya] Text (Pengaruh media computational thinking sheet for kids (CTSK) terhadap aspek perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun di TK Indriyasana VII Surabaya)
BU SINDY_Laporan Penelitian LPPM.pdf

Download (700kB)

Abstract

Computational Thinking (CT) atau berpikir komputasional merupakan proses kognitif atau pemikiran yang melibatkan penalaran logis. CT perlu dilatihkan kepada anak sejak usia dini karena dapat membantu anak dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis, kreativitas, dan kemampuan memecahkan masalah yang dikembangkan melalui aspek perkembangan kognitif dengan menggunakan media Computational Thinking Sheet For Kids (CTSK). Penelitian dilaksanakan di TK Indriyasana VII Surabaya dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media CTSK pada perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun. CTSK adalah media pembelajaran berbasis komputasi yang dirancang khusus untuk anak-anak pra-sekolah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain pre experimental. Desain yang digunakan yaitu one group pretest-posttest design. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini yaitu adalah nonprobability sampling. Teknik nonprobability sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan sampling jenuh. Penelitian ini terdiri dari 2 varibel, variabel x yaitu CTSK dan variabel Y yaitu aspek perkembangan kognitif. Hasil analisis data pada penelitian ini menggunakan aplikasi IBM SPSS Statistic 26. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan, maka hasil analisis data uji normalitas dengan menggunakan uji Kolmogrov Smirnov, dapat diketahui hasilnya yaitu 0,11 artinya data pada penelitian ini berdistribusi normal. Adapun hasil analisis data menggunakan uji Paired Sample T-test dengan hasil nilai sig (2 tailed) yaitu 0,000 artinya bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan CTSK memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun. Dengan demikian, penggunaan media Computational Thinking Sheet For Kids (CTSK) dapat menjadi alternatif yang efektif dalam memfasilitasi perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun di TK Indriyasana VII Surabaya, Implementasi CTSK dapat membantu anak-anak dalam mengembangkan kemampuan berpikir komputasional, memecahkan masalah dan meningkatkan kegiatan kognitif lainnya.

Item Type: Monograph (Working Paper Staff (Laporan Penelitian Dosen))
Department: S1 - Pendidikan Guru PAUD
Uncontrolled Keywords: Media computational thinking sheet for kids (CTSK), aspek perkembangan kognitif, anak usia 5-6 tahun.
Subjects: Early Childhood Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Early Childhood Education Study Program
Depositing User: Sindy Anugerah Wati
Date Deposited: 19 Feb 2024 02:02
Last Modified: 19 Feb 2024 02:12
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/39132

Actions (login required)

View Item View Item