Pengawasan Manajemen Risiko dan Financial Distress dalam Agency Theory

Mokoginta, Dirgantara Dahana and Agung, Tauchita Ramadhania (2022) Pengawasan Manajemen Risiko dan Financial Distress dalam Agency Theory. Pengawasan Manajemen Risiko dan Financial Distress dalam Agency Theory, 32 (7). pp. 1675-1687. ISSN 2302-8556

[thumbnail of Pengawasan Manajemen Risiko dan Financial Distress dalam Agency Theory] Text (Pengawasan Manajemen Risiko dan Financial Distress dalam Agency Theory)
2-Pengawasan_manajemen_risiko_hasil cek similarity.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Pengawasan Manajemen Risiko dan Financial Distress dalam Agency Theory] Text (Pengawasan Manajemen Risiko dan Financial Distress dalam Agency Theory)
2-Pengawasan_manajemen_risiko_.pdf

Download (238kB)

Abstract

Penelitian bertujuan melihat pengaruh karakteristik komite risiko selaku pengawas kegiatan manajemen risiko terhadap financial distress. Karakteristik yang dimaksud adalah jumlah anggota, gender diversity, rasio kehadiran rapat, keahlian keuangan anggota, dan independensi anggota. Alat analisis yang digunakan adalah regresi logistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah anggota, rasio kehadiran rapat, dan independensi tidak berpengaruh signifikan terhadap financial distress. Gender diversity berpengaruh negatif terhadap financial distress, dan kehalian keuangan berpengaruh positif terhadap financial distress. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa wanita lebih baik dalam pengawasan dan pengelolaan risiko, sehingga dapat mencegah financial distress, sedangkan keahlian keuangan bukan keahlian yang relevan untuk pengawasan dan pengelolaan risiko perusahaan non keuangan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Financial Distress; Manajemen Risiko; Agency Theory.
Subjects: Business
Divisions: Journal Publication
Depositing User: F.X. Hadi
Date Deposited: 16 Feb 2024 07:28
Last Modified: 16 Feb 2024 07:28
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/39131

Actions (login required)

View Item View Item