Hubungan Kecemasan dengan Derajat Insomnia pada Lansia

Sincihu, Yudhiakuari, Daeng, Handoko and Yola, Priska (2018) Hubungan Kecemasan dengan Derajat Insomnia pada Lansia. Hubungan Kecemasan dengan Derajat Insomnia pada Lansia, 7 (1). pp. 15-30. ISSN p-ISSN: 1978-2071; e-ISSN 2580-5967

[thumbnail of Hubungan Kecemasan dengan Derajat Insomnia pada Lansia] Text (Hubungan Kecemasan dengan Derajat Insomnia pada Lansia)
5-Hubungan_kecemasan_.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Hubungan Kecemasan dengan Derajat Insomnia pada Lansia] Text (Hubungan Kecemasan dengan Derajat Insomnia pada Lansia)
5-Hubungan_kecemasan_Hasil Cek Similarity.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kecemasan adalah gangguan mental yang umum terjadi pada lansia. Dalam proses menjadi tua, perasaan cemas muncul sebagai respons normal terhadap situasi yang menyertai perkembangan, perubahan, pengalaman baru dan menemukan makna hidup. Rasa cemas terlihat dari gejala fisiologis seperti gemetar, berkeringat, denyut jantung meningkat dan gejala psikologis seperti panik, tegang, bingung, tidak bisa berkonsentrasi. Kondisi ini akan menghambat aspek bio-psiko-sosial mereka dalam menjalani sisa hidupnya. Salah satu dampaknya dapat terlihat dari gangguan tidur yang dialami. Desain penelitian ini adalah studi pengamatan dengan pendekatan potong lintang untuk menilai hubungan tingkat kecemasan dengan insomnia pada lansia. Sampel diambil dengan teknik consecutive. Terdapat 43 lansia yang memenuhi kriteria inklusi. Lokasi penelitian ini di Posyandu Lansia Mojo, Surabaya. Pengumpulan data menggunakan kuesioner Hamilton Rating Scale for Anxiety dan Insomnia Severity Index. Hasil penelitian menggambarkan 41,9% lansia dengan gangguan kecemasan dan 67,4% lansia mengalami gangguan insomnia. Hasil tabulasi silang menunjukkan bahwa 48% subjek tanpa kegelisahan dapat terjadi gangguan insomnia dan adanya kecemasan (derajat ringan, sedang dan berat) pada Lansia dapat menyebabkan insomnia pada 83,3-100% responden. Uji analisis Rank Spearman Test menunjukkan terdapat hubungan yang sangat kuat antara kecemasan dengan kejadian insomnia pada lansia (Sig 0,000; koefisien korelasi 0,535).

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Gangguan Mental, Insomnia, Kecemasan, Lansia
Subjects: Medicine
Divisions: Journal Publication
Depositing User: F.X. Hadi
Date Deposited: 15 Feb 2024 09:40
Last Modified: 15 Feb 2024 09:40
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/39121

Actions (login required)

View Item View Item