Studi Eksplorasi Pengelolaan Usaha Untuk Pengembangan Sistem Pendampingan Usaha Kecil Menengah Pangan Anggota Koperasi Credit Union Prima Danarta.

Wardani, Rr. Puruwita, Supriharyanti, Elisabeth, Wijanarko, Thomas Aquinas and Budianta, Tarsisius Dwi Wibawa (2023) Studi Eksplorasi Pengelolaan Usaha Untuk Pengembangan Sistem Pendampingan Usaha Kecil Menengah Pangan Anggota Koperasi Credit Union Prima Danarta. Studi Eksplorasi Pengelolaan Usaha Untuk Pengembangan Sistem Pendampingan Usaha Kecil Menengah Pangan Anggota Koperasi Credit Union Prima Danarta., 11 (2). pp. 23-34. ISSN 2338-6576

[thumbnail of Studi Eksplorasi Pengelolaan Usaha Untuk Pengembangan Sistem Pendampingan Usaha Kecil Menengah Pangan Anggota Koperasi Credit Union Prima Danarta.] Text (Studi Eksplorasi Pengelolaan Usaha Untuk Pengembangan Sistem Pendampingan Usaha Kecil Menengah Pangan Anggota Koperasi Credit Union Prima Danarta.)
11. Studi_eksplorasi_pengelolaan_usaha_.pdf

Download (366kB)

Abstract

Keberlanjutan usaha kecil menengah (UKM) pangan perlu memperhatikan akses pemasaran, keamanan dan pengemasan produk, serta pengelolaan keuangan usaha. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi permasalahan yang dialami oleh UKM pangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui focus group discussion (FGD) pada 22 informan anggota Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Credit Union (CU) Prima Danarta (KPD). Hasil penelitian menunjukkan lima tema yang menunjukkan factor pendukung dan penghambat dalam pengelolaan UKM yaitu motivasi usaha, permasalahan pemasaran, permasalahan keuangan, permsalahan sumber daya manusia dan operaisonal serta solusi yang sudah diupayakan. Penelitian ini berimplikasi secara praktik tentang perlunya mengembangkan sistem pendampingan untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh UKM pangan khususnya anggota KSP CU Prima Danarta.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: pendampingan; pemasaran digital; credit union; akuntansi; ukm
Subjects: Business
Divisions: Journal Publication
Depositing User: F.X. Hadi
Date Deposited: 15 Feb 2024 04:34
Last Modified: 15 Feb 2024 04:34
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/39112

Actions (login required)

View Item View Item