Metode Pemetaan Potensi dan Manajemen Bahaya Kebakaran Industrial di Ruang Tertutup

Tambunan, Sihar Tigor Benjamin (2015) Metode Pemetaan Potensi dan Manajemen Bahaya Kebakaran Industrial di Ruang Tertutup. In: Konvensi BKTI-PII 2015, Konferensi Teknik Industri dan Matthias Aroef Award The First Annual Conference of Indonesian Industrial Engineering 2015, 18 November 2015, Badan Kejuruan Teknik Industri Persatuan Insinyur Indonesia.

[thumbnail of Metode Pemetaan Potensi dan Manajemen Bahaya Kebakaran Industrial di Ruang Tertutup] Text (Metode Pemetaan Potensi dan Manajemen Bahaya Kebakaran Industrial di Ruang Tertutup)
14p-Metode_pemetaan_potensi_dan_manajemen_.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Metode Pemetaan Potensi dan Manajemen Bahaya Kebakaran Industrial di Ruang Tertutup] Text (Metode Pemetaan Potensi dan Manajemen Bahaya Kebakaran Industrial di Ruang Tertutup)
14p-Metode_pemetaan_potensi_Bukti_korespondnsi_.pdf

Download (316kB)

Abstract

Kemungkinan terjadinya kebakaran industrial di ruang tertutup ditentukan oleh potensi terbentuknya segitiga api dalam kawasan pabrik. Dua komponen segitiga api yang perlu mendapat perhatian khusus adalah keberadaan bahan yang dapat terbakar (jumlah, jenis, karakteristik mampu nyala termasuk temperatur autoignition, dan orientasi peletakannya) dan sumber panas potensial di setiap lokasi, sedangkan jumlah oksigen dianggap tidak terbatas sehingga tidak dipertimbangkan. Pemetaan potensi kebakaran direkomendasikan dilakukan untuk mengefektifkan tindakan pencegahan dan proteksi kebakaran (aktif dan pasif), termasuk untuk memaksimalkan kecepatan pemadaman dan meminimalkan kecepatan penyebaran api. Perubahan tata letak bahan yang dapat terbakar dan pemberian sekat antar ruang, secara teoritis dapat mengurangi panjang rantai titik api dan menahan kecepatan/ luasan penyebaran api.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: pemetaan, kebakaran industrial, segitiga api, autoignition
Subjects: Business
Divisions: Proceeding
Depositing User: F.X. Hadi
Date Deposited: 09 Feb 2024 07:56
Last Modified: 09 Feb 2024 07:58
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/39052

Actions (login required)

View Item View Item