Perancangan Model Pengolahan Limbah UMKM Makanan/ Minuman di Surabaya Berbasis Mikro Organisme Lokal Mol

Tambunan, Sihar Tigor Benjamin, Rahayu, Sri and Yuliana, Pram Yuliana (2015) Perancangan Model Pengolahan Limbah UMKM Makanan/ Minuman di Surabaya Berbasis Mikro Organisme Lokal Mol. In: Seminar Nasional Teknik Industri Tema Sustainable Manufacturing "Kompetisi Akademisi dan Perusahaan menuju Kondisi 'Sustainable Manufacturing' dalam ERA MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN)", 03 September 2015, UPNS.

[thumbnail of Perancangan Model Pengolahan Limbah UMKM Makanan/Minuman di Surabaya Berbasis Mikro Organisme Lokal Mol] Text (Perancangan Model Pengolahan Limbah UMKM Makanan/Minuman di Surabaya Berbasis Mikro Organisme Lokal Mol)
13p-Perancangan_model_pengelolaan_limbah_UMKM_.pdf

Download (1MB)

Abstract

Seiring dengan penambahan jumlah UMKM makanan/ minuman di Surabaya dari waktu ke waktu, masalah lingkungan yang ditimbulkan akibat limbah UMKM, khususnya limbah padat dan cair, ikut bertambah. Penanganan limbah usaha di tingkat pelaku UMKM menjadi hal kritis yang harus diupayakan sesegera mungkin. Latar belakang kondisi sosial, ekonomi, dan teknis menjadi kendala utama. Diperlukan model pengelolaan limbah UMKM makanan/ minuman bersifat pro-aktif yang bisa diterima oleh pelaku UMKM dan masyarakat di sekitarnya, murah (ekonomis), dan secara teknis dapat dilakukan dengan mudah. Secara ilmiah, pengembangan Mikro-Organisme Lokal (MOL), terbukti mampu mereduksi limbah organik dalam jumlah besar dalam waktu singkat. Teknik pembuatannya relatif mudah dilakukan oleh siapapun. Alat-alat yang digunakan mudah diperoleh, mudah dibuat (dirangkai), dan murah. Pengawasannya pun mudah dilakukan. Model penanganan limbah UMKM Makanan/ Minuman yang telah disusun dalam kegiatan awal Iptek Bagi Masyarakat (IbM 2015) ini berisi: persiapan fasilitas produksi MOL, persiapan bahan baku MOL berbasis limbah UMKM, produksi MOL, penyimpanan MOL, pemanfaatan MOL (minimisasi limbah UMKM), dan komersialisasi MOL (penambahan nilai ekonomi MOL) yang sudah disesuaikan dengan situasi dan kondisi keseharian beberapa UMKM Makanan/ Minuman di Surabaya. Produktifitas model produksi ini dinilai dari jumlah MOL yang berhasil dibuat dalam rentang waktu tertentu, pengurangan jumlah limbah, dan potensi perolehan nilai ekonomi.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Mikro Organisma Lokal, MOL, Usaha Kecil dan Menengah, UMKM, nir limbah.
Subjects: Business
Divisions: Proceeding
Depositing User: F.X. Hadi
Date Deposited: 09 Feb 2024 07:45
Last Modified: 09 Feb 2024 07:45
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/39051

Actions (login required)

View Item View Item