Metode Penghilangan Lignin dari Serat Nabati Secara Kimia

08 Oktober 2019 (2019) Metode Penghilangan Lignin dari Serat Nabati Secara Kimia. IDS000004722.

[thumbnail of Metode Penghilangan Lignin dari Serat Nabati Secara Kimia] Text (Metode Penghilangan Lignin dari Serat Nabati Secara Kimia)
37pts-Metode_penghilangan_lignin_dari_serat_nabati_.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Metode Penghilangan Lignin dari Serat Nabati Secara Kimia] Text (Metode Penghilangan Lignin dari Serat Nabati Secara Kimia)
37a_Metode_penghilangan_lignin_Hasil_cek_plagiasi_.pdf

Download (590kB)

Abstract

Invensi ini berhubungan dengan metode penghilangan lignin dari 5 serat nabati, lebih khususnya serat nabati dari tandan kosong kelapa sawit. Metode ini meliputi dua tahap reaksi dimana tahap reaksi pertama adalah mencampurkan serbuk serat yang bersih dengan asam perasetat pada perbandingan massa/volume dan suhu tertentu sambil diaduk dengan durasi waktu yang telah ditetapkan. Tahap 10 reaksi kedua adalah mencampurkan serbuk kering hasil reaksi pertama dengan larutan deterjen asam (dengan diaduk pada suhu dan waktu tertentu). Metode ini mampu menghilangkan lignin dari serat nabati, lebih khususnya serat nabati dari tandan kosong kelapa sawit sehingga didapatkan selulosa dengan kemurnian 94-96% 15 dianalisa dengan metode Van Soest.

Item Type: Patent
Subjects: Engineering
Divisions: Faculty of Engineering
Depositing User: F.X. Hadi
Date Deposited: 02 Feb 2024 02:43
Last Modified: 02 Feb 2024 02:43
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/38951

Actions (login required)

View Item View Item