Laporan kerja praktik analisis kinerja pada segmen foundation fieldbus dengan pemanfaatan plant resource manager (PRM)

Limanjaya, Samuel Franklin (2024) Laporan kerja praktik analisis kinerja pada segmen foundation fieldbus dengan pemanfaatan plant resource manager (PRM). Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur). Faculty of Engineering, Surabaya. (Submitted)

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (783kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (196kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (390kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (390kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (723kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf

Download (308kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (833kB) | Request a copy

Abstract

Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) merupakan program persiapan karier yang komprehensif dan memberikan kesempatan bagi Mahasiswa untuk belajar di luar program studi dengan jaminan konversi SKS yang diakui perguruan tinggi. Dalam hal ini, program magang dipilih sebagai program MSIB dan dikonversikan menjadi nilai mata kuliah. Program Magang dilaksanakan di PT Asia Pacific Rayon pada 14 Agustus 2023 hingga 31 Desember 2023 setiap hari senin hingga jumat. Asia Pacific Rayon (APR) adalah produsen rayon viskose pertama yang terintegrasi di Asia dari perkebunan hingga serat viskose. Pabrik dengan kapasitas 300.000 ton ini terletak di Pangkalan Kerinci dan termasuk bagian dari Asia Pacific Resources International Limited (APRIL). Sebagai salah satu perusahaan yang dikelola oleh RGE (Royal Golden Eagle), yang didirikan oleh Sukanto Tanoto pada tahun 1973, APR memproduksi viskose rayon alami dan mudah terurai (biodegradable) yang digunakan untuk produk tekstil dan produk-produk perawatan diri. Dalam pelaksanaan skema MSIB ini, praktikan melakukan kegiatan magang sambil belajar dan menganalisis kinerja proses otomasi industri yang ada pada PT APR. Selain itu, praktikan juga melaksanakan observasi khusus berupa upaya analisis kinerja segmen atau jaringan Foundation Fieldbus menggunakan online diagnostic tool PRM Yokogawa (Plant Resource Manager) yang digunakan di PT APR. Dengan demikian memberikan masukkan yang berharga serta upaya improvisasi kepada perusahaan. Bukan hanya, praktikan mendapatkan kesempatan untuk belajar dari perusahaan mengenai ilmu-ilmu baru dalam dunia kerja nyata, melainkan juga mendapatkan ilmu dan pengalaman dalam bekerja sebagai tenaga keteknisan bagian perawatan (maintenance) dalam bidang otomasi (automation).

Item Type: Monograph (Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur))
Department: S1 - Teknik Elektro
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Gunadhi, Albert
NIDN0704066901
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MSIB, analisis, otomasi, foundation fieldbus, PRM.
Subjects: Engineering
Engineering > Electrical Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Electrical Engineering Study Program
Depositing User: Samuel Franklin Limanjaya
Date Deposited: 25 Jan 2024 00:46
Last Modified: 25 Jan 2024 00:46
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/38682

Actions (login required)

View Item View Item