Pengalaman komunikasi gay pengguna grindr sebagai pasangan one night stand (Studi fenomenologi gay dalam menggunakan dating app grindr)

Widjaja, Angela Cynthia (2024) Pengalaman komunikasi gay pengguna grindr sebagai pasangan one night stand (Studi fenomenologi gay dalam menggunakan dating app grindr). Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (166kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (405kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf

Download (122kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berawal dari fenomena berkembangnya teknologi komunikasi melahirkan media yang membuka ruang untuk kaum minoritas secara orientasi seksual dalam mereka berkomunikasi. Kaum minoritas secara orientasi seksual yang dimaksud dalam penelitian ini adalah homoseksual (gay). Hambatan dan ketakutan gay di Indonesia seketika memudar ketika datangnya dating app sebagai solusi dalam ruang komunikasi. Namun modernitas yang terjadi lebih memudahkan individu untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan hanya melalui dunia online, salah satunya dengan muncul aplikasi Grindr itu sendiri yang secara tidak langsung membuka peluang dan memberikan fasilitas untuk memenuhi hasrat sexualitas dengan munculnya cybersex, dan pencarian teman untuk melakukan One Night Stand. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis motif, pengalaman dan makna komunikasi pengguna Grindr sebagai pasangan One Night Stand. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian deskriptif dan metode penelitian fenomenologi yang memberi kesempatan kepada subjek membentuk pemaknaan dirinya terhadap pengalaman pengungkapan identitas homoseksual pada media sosial. . Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah in-depth interview kepada setiap subjek untuk menceritakan pengalaman komunikasi yang telah dialami pada kehidupan mereka masing-masing dengan tujuan memperoleh informasi yang dibutuhkan dalam penelitian. Dilihat dari hasil penemuan data, peneliti menemukan bahwa terjadinya One Night Stand dalam hubungan gay dimaknai sebagai bentuk perkenalan dan pendekatan. Hasil penelitian ini juga menemukan bahwa One Night Stand melalui media Grindr mampu memenuhi keinginan yang tidak didapatkan di dunia nyata, seperti rasa diterima, diakui, dan rasa bebas terlepas dari hujatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Ilmu Komunikasi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Akhsaniyah, Akhsaniyah
NIDN0702087602
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Hartiana, Theresia Intan Putri
NIDN0725058704
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pengalaman komunikasi, gay, grindr, one night stand, fenomenologi.
Subjects: Communication Science
Divisions: Faculty of Communication Science > Communication Science Study Program
Depositing User: Angela Cynthia
Date Deposited: 22 Jan 2024 00:46
Last Modified: 22 Jan 2024 00:46
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/38197

Actions (login required)

View Item View Item