Hubungan aktivitas fisik dengan kejadian obesitas pada lansia berdasarkan persentase lemak tubuh di Griya Usia Lanjut Santo Yosef Surabaya

Nanjong, Michael Salvatore (2023) Hubungan aktivitas fisik dengan kejadian obesitas pada lansia berdasarkan persentase lemak tubuh di Griya Usia Lanjut Santo Yosef Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (904kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (125kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (443kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB)
[thumbnail of BAB 6] Text (BAB 6)
BAB 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB)
[thumbnail of BAB 7] Text (BAB 7)
BAB 7.pdf

Download (128kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Badan Pusat Statistik merilis data penduduk Indonesia usia ≥ 65 tahun meningkat sebesar 25%, dari 25 juta penduduk pada tahun 2019 menjadi 80 juta pada tahun 2050. Populai lansia yang meningkat juga dapat meningkatkan masalah kesehatan pada lansia, sepertinya meningkatkatnya risiko obesitas. Masalah kesehatan tersebut harus menjadi perhatian. IMT adalah metode yang paling sering digunakan untuk menilai obesitas namun IMT memiliki kekurangan dibandingkan dengan skinfold caliper yang menilai obesitas dari massa lemak. Tujuan: Menentukan hubungan tingkat aktivitas fisik yang dibagi atas jarang, kadang, dan sering dengan kejadian obesitas yang diukur dengan skinfold caliper pada kelompok lansia. Metode: Desain penelitian adalah cross-sectional. Populasi pada penelitian ini menggunakan populasi lansia yang berada di Griya Usia Lanjut St. Yosef Surabaya. Sampel penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah lansia yang berada di Griya Usia Lanjut St. Yosep Surabaya yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Jumlah sampel yang diperlukan dalam penelitian ini minimal 32 lansia. Penelitian ini dilakukan dengan teknik pengambilan sampel secara purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji korelasi koefisien kontingensi. Hasil: Dari hasil penelitian didapatkan 13 lansia dengan aktivitas fisik jarang-kadang yang mengalami kejadian obesitas dengan persentase lemak tubuh bagi laki-laki > 25% dan perempuan > 32%. Terdapat 19 lansia dengan aktivitas jarang, kadang, sampai sering yang tidak mengalami kejadian obesitas dengan persentase lemak tubuh bagi laki-laki < 25% dan < 32% bagi perempuan. Hasil uji koefisien kontingensi p value 0,003 (<0,05), nilai r = 0,516 yang berarti korelasi kedua variabel memiliki kekuatan yang sedang. Simpulan: Terdapat hubungan antara aktivitas fisik dengan kejadian obesitas berdasarkan persentase lemak tubuh pada lansia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Kedokteran
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Wulandari, Yudita
NIDN0708088203
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Meryana, Pauline
NIDN0702068003
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Aktivitas fisik, obesitas, persentase lemak tubuh, lansia.
Subjects: Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Faculty of Medicine > Medical Study Program
Depositing User: Michael Salvatore Nanjong
Date Deposited: 17 Jan 2024 03:27
Last Modified: 17 Jan 2024 03:27
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/37962

Actions (login required)

View Item View Item