Priantini, Desan Mareta (2023) Efektivitas layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing untuk mengurangi tingkat kecanduan gadget pada siswa kelas IX G SMP Negeri 1 Balerejo. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf Download (366kB) |
|
Text (BAB 2)
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (528kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (732kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (920kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf Download (372kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas layanan bimbingan kelompok melalui teknik role playing untuk mengurangi tingkat kecanduan gadget siswa pada kelas IX G SMP Negeri 1 Balerejo. Kecanduan gadget pada siswa adalah perilaku ketergantungan terhadap gadget yang membawa dampak buruk bagi siswa, ditemukan adanya siswa yang mengalami permasalahan kecanduan gadget, beberapa siswa pada saat pembelajaran berlangsung cenderung asik bermain gadget dan tidak fokus terhadap penjelasan guru. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen, desain penelitian yang digunakan adalah pre-experimental design. Bentuk penelitian dalam pre-experimental design menggunakan one group pretest post-test design yaitu desain penelitian dengan cara diberikan pretest terlebih dahulu pada kelompok eksperimen sebelum diberi perlakuan. Penelitian ini memberikan makna bahwa dengan melalui layanan bimbingan kelompok teknik role playing, siswa mampu mengurangi tingkat kecanduan gadget. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kecanduan gadget pada siswa sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing berada dikategori rendah dengan rata-rata 80,5 dan setelah diberikan treatment mengalami penurunan menjadi kategori sangat rendah dengan rata-rata 58,4. Maka dapat dikatakan adanya perbedaan Pre-test dan Post-test. Kesimpulan dibuktikan dari nilai signifikansi (2-tailed) 0.000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan skor yang signifikan antara hasil pretest dan hasil posttest. Hal ini menunjukkan bahwa bimbingan kelompok dengan teknik role playing efektif mengurangi tingkat kencanduan gadget pada siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Department: | S1 - Bimbingan Dan Konseling |
Contributors: | Contribution Contributors NIDN / NIDK Email Thesis advisor Mudjijanti, Fransisca NIDN0702026402 fransiscamudjijanti@gmail.com |
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan kelompok, teknik role playing, kecanduan gadget |
Subjects: | Widya Mandala Catholic University on Madiun Campus > Faculty of Teacher Training and Education > Guidance and Counseling Study Program Widya Mandala Catholic University on Madiun Campus > Faculty of Teacher Training and Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > PSDKU - Guidance and Counseling Study Program |
Depositing User: | Users 13400 not found. |
Date Deposited: | 26 Mar 2024 07:56 |
Last Modified: | 26 Mar 2024 07:56 |
URI: | http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/37940 |
Actions (login required)
View Item |