Faktor-faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan dalam memilih agama pada remaja akhir yang memiliki orang tua berbeda agama

Diaz, Fransiskus Oktaviano (2023) Faktor-faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan dalam memilih agama pada remaja akhir yang memiliki orang tua berbeda agama. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (533kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (189kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (681kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (195kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB) | Request a copy

Abstract

Indonesia terkenal akan keberagaman suku, budaya, bahasa, agama dan ras. Keberagaman tersebut membuat Indonesia menjadi negara yang plural, dimana hal ini menimbulkan salah satu fenomena yakni perbedaan agama dalam pernikahan. Anak-anak yang dibesarkan dalam pernikahan beda agama mengalami berbagai pengalaman, salah satunya adalah pengambilan keputusan dalam memilih agama saat mereka menginjak masa remaja akhir. Pengambilan keputusan merupakan upaya oleh individu untuk menentukan suatu pilihan dan mempertimbangkan konsekuensi yang muncul dalam kondisi penentuan pilihan. Beberapa faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan antara lain preference, circumstance, belief, emotions dan action. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi pengambilan keputusan dalam memilih agama pada remaja akhir dengan orang tua berbeda agama melalui metode kualitatif dengan metodologi fenomenologi. Peneliti menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling metode non-random sampling dengan beberapa kriteria seperti berusia 19-22 tahun, memiliki orang tua yang terikat status pernikahan dalam kondisi beda agama (Katolik dengan non-Katolik) dan sudah memutuskan agama. Pada penelitian ini terdapat sebanyak tiga informan penelitian yang berpartisipasi dalam proses penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara dan deductive thematic analysis. Peneliti menemukan bahwa keputusan pemilihan agama para informan dilakukan dengan mengikuti agama salah satu orang tua yang paling dekat. Selanjutnya dari hasil penelitian, peneliti menemukan bahwa karakter dari individu sangat berpengaruh dalam proses pengambilan keputusan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Psikologi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Adhyatma, Made Dharmawan Rama
NIDN0724128705
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pernikahan beda agama. pengambilan keputusan. remaja akhir. agama
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: Fransiskus Oktaviano Diaz
Date Deposited: 15 Jan 2024 03:49
Last Modified: 15 Jan 2024 03:49
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/37905

Actions (login required)

View Item View Item