Perbandingan derajat sindroma mata kering antara penggunaan calcium channel blocker dan non calcium channel blocker pada pasien hipertensi di RS PHC Surabaya

Simon, Axela Elisabeth (2023) Perbandingan derajat sindroma mata kering antara penggunaan calcium channel blocker dan non calcium channel blocker pada pasien hipertensi di RS PHC Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (114kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (891kB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB)
[thumbnail of BAB 6] Text (BAB 6)
BAB 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB)
[thumbnail of BAB 7] Text (BAB 7)
BAB 7.pdf

Download (138kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Latar belakang: Sindroma mata kering merupakan penyakit multifaktorial yang terjadi pada permukaan okular, ditandai dengan hilangnya homeostasis dari tear film yang dapat disertai dengan gangguan penglihatan. Prevalensi mata kering di Indonesia mencapai 27,5% dengan usia rata-rata 37 tahun keatas. Salah satu faktor risiko sindroma mata kering adalah obat antihipertensi. Hipertensi merupakan salah satu penyakit degeneratif, yang mengharuskan pasien menggunakan obat antihipertensi secara rutin agar mencapai angka tekanan darah yang diinginkan. Beberapa studi penelitian mengatakan bahwa salah satu obat antihipertensi yang dapat menyebabkan sindroma mata kering adalah Calcium Channel Blocker. Tujuan: Membandingkan derajat sindroma mata kering antara penggunaan Calcium Channel Blocker dan non Calcium Channel Blocker pada pasien hipertensi di RS PHC Surabaya. Metode: Penelitian ini menggunakan metode analitik observasional dengan desain penelitian cross sectional. Teknik pengambilan sampel pada penelitian menggunakan non-probability sampling yaitu dengan purposive sampling. Metode statistik yang digunakan untuk mengetahui hubungan Calcium Channel Blocker dan sindroma mata kering melalui analisis uji statistik Mann-Whitney. Subjek penelitian berjumlah 128 responden, dilakukan pengisian kuesioner OSDI dan pemeriksaan Schirmer. Hasil: Analisis statistik hubungan penggunaan Calcium Channel Blocker terhadap derajat sindroma mata kering pada pasien hipertensi berdasarkan uji Schirmer maupun kuesioner OSDI menunjukkan hasil signifikan dengan nilai p = 0,000 (p < 0,05). Simpulan: Terdapat perbedaan bermakna pada derajat sindroma mata kering antara penggunaan Calcium Channel Blocker dan non Calcium Channel Blocker pada pasien hipertensi di RS PHC Surabaya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Kedokteran
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Ernawati, Titiek
NIDN0718116601
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Suwandito, L.
0
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Calcium channel blocker, hipertensi, sindroma mata kering.
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Medical Study Program
Depositing User: Axela Elisabeth Simon
Date Deposited: 17 Jan 2024 04:58
Last Modified: 17 Jan 2024 04:58
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/37888

Actions (login required)

View Item View Item