Meningkatkan minat belajar fisika melalui kegiatan eksperimen di laboratorium fisika untuk siswa SMA di Surabaya

Noviani, Elisabeth Pratidhina Founda, Wijaya, Anthony, Koswojo, Jane, Lestari, Tri, Untung, G. Budijanto, Michael, Agustinus, Samonganuot, Rometi, Sari, Hanna Yoanita Puspita, Daeng, FirzaFarahdita, Pratama, Juvano Kristian, Rovyno, Jose Gaizca, Bhoki, Maria Margareta Meylinda, Atmanjaya, Johannes Benedicts Vidi, Satriyana, Tommy Firstino, Sutanto, Pratiwi Dara Juneivana and Wibowo, Endra Putra (2023) Meningkatkan minat belajar fisika melalui kegiatan eksperimen di laboratorium fisika untuk siswa SMA di Surabaya. Working Paper Staff (Laporan Penelitian Dosen). Faculty of Teacher Training and Education, Surabaya. (Submitted)

[thumbnail of Meningkatkan minat belajar fisika melalui kegiatan eksperimen di laboratorium fisika untuk siswa SMA di Surabaya] Text (Meningkatkan minat belajar fisika melalui kegiatan eksperimen di laboratorium fisika untuk siswa SMA di Surabaya)
Laporan Abdimas_Elisabeth dkk_FINAL (1).pdf

Download (1MB)

Abstract

Fisika merupakan salah satu ilmu dasar yang sangat diperlukan dalam perkembangan teknologi, sehingga pemahaman tentang ilmu fisika perlu ditanamkan sejak dini mulai sekolah tingkat dasar hingga tingkat menengah. Namun Pernyataan klasik yang masih sering terdengar hingga saat ini adalah pelajaran Fisika merupakan salah satu matapelajaran yang tidak disukai oleh kebanyakan siswa terutama di sekolah tingkat menengah. Teori dan eksperimen merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan pada pembelajaran fisika. Ada beberapa teori yang dibangun berdasarkan hasil eksperimen, dan ada beberapa teori digagalkan karena tidak sesuai dengan hasil eksperimen. Namun kegiatan eksperimen memerlukan fasilitas yang relatif mahal, terutama dalam melengkapi peralatan di laboratorium, sehingga tidak sedikit sekolah tidak memiliki peralatan/kelengkapan laboratorium fisika. Dengan demikian banyak sekolah yang memberikan materi fisika secara teori dengan relatif sedikit kegiatan eksperimen, bahkan tidak sedikit dijumpai sekolah yang hanya memberikan materi fisika secara teori saja tanpa dibarengi kegiatan eksperimen. Dalam kegiatan eksperimen fisika, peserta dituntut tidak hanya belajar teori saja, melainkan mengadakan pembuktian suatu teori. Dalam eksperimen siswa melakukan beberapa kegiatan diantaranya mengamati fenomena fisis, mengambil data dan menganalisis data-data yang telah diperoleh dan menarik kesimpulan. Dalam mengatasi masalah tersebut Prodi Pendidikan Fisika UKWMS memberikan solusi melalui kegiatan layanan praktikum fisika bagi siswa sekolah menengah atas di Surabaya, khususnya dari sekolah-sekolah dengan fasilitas laboratorium fisika yang terbatas, dan sekolah-sekolah tempat alumni Prodi Pendidikan Fisika bekerja. Mengingat fasilitas laboratorium fisika di Prodi Pendidikan Fisika cukup lengkap bagi pembelajaran fisika untuk tingkat sekolah menengah, diharapkan siswa-siswa yang memanfaatkannya akan terbantu memahami fisika lebih baik dan lebih termotivasi untuk menyenangi fisika. Target luaran kegiatan ini adalah terlaksananya kegiatan eksperimen fisika yang dilakukan oleh siswa sekolah menengah atas. Selain itu, ada luaran tambahan lain berupa produk modul praktikum baru, serta artikel pengabdian masyarakat yang dipublikasikan pada jurnal nasional. Program ini mendukung Rencana Strategis Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya, khususnya di bidang Sosial Humaniora, Seni-Budaya, dan Pendidikan. Salah satu kajian utama pada sub bidang ini adalah pengembangan sumber daya manusia berkarakter kebangsaan dan berdaya saing, yang di dalamnya mencakup pengembangan pendidikan dan pembelajaran. Program ini telah terlaksana dengan melibatkan mitra beberapa SMA di Surabaya, diantaranya Mawar Sharon Christian School Surabaya, SMAK St. Agnes Surabaya, SMA Dharma Mulya Surabaya, SMA Kristen Gloria I Surabaya, SMAK St. Louis I Surabaya, dan SMA Kristen Petra 4. Siswa yang terlibat dalam program pendampingan eksperimen memberikan respon yang positif terhadap kegiatan ini. Berdasarkan wawancara dengan guru fisika, program ini telah membantu sekolah dalam menyediakan fasilitas yang memadahi untuk mendukung pembelajaran fisika. Melalui program ini, UKWMS juga lebih dikenal di kalangan siswa SMA.

Item Type: Monograph (Working Paper Staff (Laporan Penelitian Dosen))
Department: S1 - Pendidikan Fisika
Uncontrolled Keywords: Eksperimen fisika, siswa SMA, media pembelajaran.
Subjects: General
Physic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Physics Education Study Program
Depositing User: Elisabeth Pratidhina Founda Noviani
Date Deposited: 04 Jan 2024 02:50
Last Modified: 04 Jan 2024 08:24
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/37666

Actions (login required)

View Item View Item