Fermentasi substrat padat dan substrat cair untuk produksi asam laktat dari kulit pisang dengan rhizopus oryzae

Retnoningtyas, Ery Susiany, Ayucitra, Aning, Maramis, Fandy, Yong, Ong Wei, Pribadi, Frengky W. and Tanti, Nelsi K. (2012) Fermentasi substrat padat dan substrat cair untuk produksi asam laktat dari kulit pisang dengan rhizopus oryzae. Fermentasi substrat padat dan substrat cair untuk produksi asam laktat dari kulit pisang dengan rhizopus oryzae, 11 (4). pp. 208-212. ISSN p-ISSN : 1693-9433 e-ISSN: 2686-4991

[thumbnail of Fermentasi substrat padat dan substrat cair untuk produksi asam laktat dari kulit pisang dengan rhizopus oryzae] Text (Fermentasi substrat padat dan substrat cair untuk produksi asam laktat dari kulit pisang dengan rhizopus oryzae)
51-Fermentasi_substrat_padat_dan_substrat_.pdf

Download (3MB)

Abstract

Sebagai negara tropis, Indonesia merupakan salah satu negara penghasil pisang terbesar. Berbagai macam jenis pisang dapat tumbuh di Indonesia. Konsumsi buah pisang yang tinggi diikuti dengan melimpahnya kulit pisang. Kandungan nutrisi dari kulit pisang ini berpotensi untuk dikonversi menjadi produk lain yang mempunyai nilai ekonomis tinggi seperti asam laktat. Asam laktat banyak digunakan di industri pangan, farmasi maupun kosmetik. Pada penelitian ini bertujuan untuk mempelajari pengaruh metode fermentasi yaitu fermentasi substrat padat dan fermentasi substrat cair dalam memproduksi asam laktat dari kulit pisang dibantu Rhizopus oryzae. Penelitian ini terbagi dalam 3 tahap yaitu: [1) pembuatan media fermentasi, [2) fermentasi kulit pisang dan [3) pemurnian asam laktat dengan resin amberlite IRA-400. Untuk metode fermentasi substrat padat, kulit pisang kering digrinder hingga menjadi serbuk sedangkan untuk fermentasi substrat cair, kulit pisang yang masih segar diekstrak dengan pelarut air. Selanjutnya serbuk kulit pisang dan ekstrak kulit pisang siap untuk diinokulasi dengan Rhizopus oryzae dan diinkubasi pada suhu 30 oC selama L44 jam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa yield asam laktat yang dihasilkan dari fermentasi substrat padat lebih tinggi [0,79 g asam laktat / g pati) dibandingkan yield asam laktat dari fermentasi substrat cair (0,15 g asam laktat / g pati).

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: asam laktat, fermentasi substrat cair, fermentasi substrat padat, kulit pisang, Rhizopus oryzae
Subjects: Engineering > Chemical Engineering
Divisions: Journal Publication
Depositing User: F.X. Hadi
Date Deposited: 27 Nov 2023 08:06
Last Modified: 27 Nov 2023 08:06
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/37448

Actions (login required)

View Item View Item