Determinan Sikap Ibu Dalam Pemberian Imunisasi Booster DPT (Determinants of Mother Attitude toward DPT Vaccination Booster)

Manungkalit, Maria, Astarini, Made Indra Ayu and Febiola, Yolla (2021) Determinan Sikap Ibu Dalam Pemberian Imunisasi Booster DPT (Determinants of Mother Attitude toward DPT Vaccination Booster). Determinan Sikap Ibu Dalam Pemberian Imunisasi Booster DPT (Determinants of Mother Attitude toward DPT Vaccination Booster), 9 (1). pp. 39-48. ISSN 2614-4352

[thumbnail of Determinan Sikap Ibu Dalam Pemberian Imunisasi Booster DPT (Determinants of Mother Attitude toward DPT Vaccination Booster)] Text (Determinan Sikap Ibu Dalam Pemberian Imunisasi Booster DPT (Determinants of Mother Attitude toward DPT Vaccination Booster))
9-Determinan_sika_ibu_.pdf

Download (224kB)
[thumbnail of Determinan Sikap Ibu Dalam Pemberian Imunisasi Booster DPT (Determinants of Mother Attitude toward DPT Vaccination Booster)] Text (Determinan Sikap Ibu Dalam Pemberian Imunisasi Booster DPT (Determinants of Mother Attitude toward DPT Vaccination Booster))
9-Determinan_sika_ibu_hasil cek similarity.pdf

Download (1MB)

Abstract

Setelah anak sudah mendapatkan imunisasi dasar maka orangtua perlu melakukan imunisasi lanjutan booster agar kesehatan keluarga dapat ditingkatkan. Booster merupakan salah satu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dari beberapa penyakit khususnya pada remaja yang sistem imunnya sudah menurun. Salah booster yang dianjurkan adalah DPT. Tujuan penelitian ini determinan sikap ibu dalam pemberian imunisasi booster DPT pada remaja. Desain penelitian menggunakan korelasional dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh ibu yang mempunyai anak remaja usia 10-18 tahun di RW 10 Kelurahan Manukan Kulon Surabaya sedangkan sampel yang diambil dari RT 5 dan RT 7 sebanyak 41 orang dengan teknik pengambilan sampen menggunakan one cluster random sampling 25%. Instrumen menggunakan kuesioner yang sudah diuji validitasnya oleh peneliti. Hasil penelitian menunjukkan aspek kognitif, perilaku, dan emosional memengaruhi sikap ibu secara signifikan (p<0,05). Kognitif merupakan determinan terkuat dari sikap ibu yang memengaruhi 49,9% varians nilai sikap ibu. Disusul oleh aspek perilaku yang mempengaruhi 41,7% varians nilai sikap ibu. Aspek emosional terbukti menjadi determinan sikap ibu yang terlemah dengan besar pengaruh 25,6%. Sikap ibu menjadi salah satu tolak ukur dalam membuat keputusan pemberian imunisasi booster pada anaknya. Aspek kognitif (pengetahuan), perilaku, dan emosional menjadi faktor pendukung yang dapat mempengaruhi keputusan tersebut.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kognitif, Perilaku, Emosi, Sikap Ibu, Imunisasi Booster DPT
Subjects: Nursing Science
Divisions: Journal Publication
Depositing User: F.X. Hadi
Date Deposited: 08 Nov 2023 05:29
Last Modified: 22 Jan 2024 06:44
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/37292

Actions (login required)

View Item View Item