Pengaruh Acceptent And Commitment Therapy Terhadap Peningkatan Komitmen Mahasiswa Perawat Dalam Proses Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19

Maryuti, Ira Ayu, Astarini, Made Indra Ayu and Febriyanti, Erna (2023) Pengaruh Acceptent And Commitment Therapy Terhadap Peningkatan Komitmen Mahasiswa Perawat Dalam Proses Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Pengaruh Acceptent And Commitment Therapy Terhadap Peningkatan Komitmen Mahasiswa Perawat Dalam Proses Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19, 5 (1). pp. 79-85. ISSN pISSN: 2654-2927, eISSN: 2656-4653

[thumbnail of Pengaruh Acceptent And Commitment Therapy Terhadap Peningkatan Komitmen Mahasiswa Perawat Dalam Proses Pembelajaran Daring Pada Masa  Pandemi Covid-19] Text (Pengaruh Acceptent And Commitment Therapy Terhadap Peningkatan Komitmen Mahasiswa Perawat Dalam Proses Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19)
6-Pengaruh_acceptent_and_commitment_.pdf

Download (136kB)
[thumbnail of Pengaruh Acceptent And Commitment Therapy Terhadap Peningkatan Komitmen Mahasiswa Perawat Dalam Proses Pembelajaran Daring Pada Masa  Pandemi Covid-19] Text (Pengaruh Acceptent And Commitment Therapy Terhadap Peningkatan Komitmen Mahasiswa Perawat Dalam Proses Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19)
6-Pengaruh_acceptent_and_commitment_hasil cek similarity.pdf

Download (1MB)

Abstract

Di masa Pandemi Covid-19, sistem pembelajaran tatap muka berubah menjadi online. Pembelajaran online menimbulkan beberapa masalah bagi mahasiswa. Pembelajaran online sulit dipahami, membuat mahasiswa malas dan bosan. Selama pembelajaran online, komitmen dan motivasi mahasiswa dalam belajar tidak dapat dijelaskan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh Acceptance and Commitment Therapy (ACT) terhadap komitmen mahasiswa perawat dalam proses pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan pra-eksperimen dengan desain penelitian Pretest-Posttest Design. Populasi sasaran adalah mahasiswa keperawatan semester 2 yang melaksanakan pembelajaran online di Fakultas Keperawatan Universitas Citra Bangsa Kupang sebanyak 62 mahasiswa, yang dilakukan pre test dengan hasil skor komitmen dibawah 126. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode total sampling, yaitu sebanyak 20 mahasiswa. 5 mahasiswa tidak bersedia menjadi responden karena alasan kegiatan kemahasiswaan, 3 responden tidak hadir sejak sesi ke-2 intervensi karena alasan sakit, total responden menjadi 12. Variabel bebas adalah Acceptance and Commitment Therapy (ACT) dan variabel terikat adalah komitmen. Instrumen penelitian berupa kuesioner kuesioner komitmen. Analisis data menggunakan uji t berpasangan dengan 0,05, terlebih dahulu akan dilakukan uji normalitas. Hasil penelitian berdasarkan uji hipotesis yang dilakukan terhadap komitmen didapatkan hasil p= 0,000 (<0,05). Berdasarkan hasil ini maka dapat disimpulkan bahwa Acceptance and Commitment Therapy (ACT) berpengaruh secara signifikan menaikkan komitmen pada mahasiswa perawat.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Acceptance and Commitment Therapy; Commitment; Student
Subjects: Nursing Science
Divisions: Journal Publication
Depositing User: F.X. Hadi
Date Deposited: 08 Nov 2023 03:44
Last Modified: 22 Jan 2024 06:32
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/37286

Actions (login required)

View Item View Item