Strategi Bertahan di Era New Normal Pada UMKM Produsen Olahan Hasil Laut di Surabaya

Nugrohadi, Gratianus Edwi, Tulipa, Diyah and Ardhanari, Margaretha (2023) Strategi Bertahan di Era New Normal Pada UMKM Produsen Olahan Hasil Laut di Surabaya. Strategi Bertahan di Era New Normal Pada UMKM Produsen Olahan Hasil Laut di Surabaya, 17 (1). pp. 71-80. ISSN p-ISSN 1978-3108; e-ISSN 2623-0879

[thumbnail of Strategi Bertahan di Era New Normal Pada UMKM Produsen Olahan Hasil Laut di Surabaya] Text (Strategi Bertahan di Era New Normal Pada UMKM Produsen Olahan Hasil Laut di Surabaya)
11-Strategi_bertahan_diera_new_normal_.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Strategi Bertahan di Era New Normal Pada UMKM Produsen Olahan Hasil Laut di Surabaya] Text (Strategi Bertahan di Era New Normal Pada UMKM Produsen Olahan Hasil Laut di Surabaya)
11-Strategi_bertahan_diera_new_normal_hasil cek similarity.pdf

Download (2MB)

Abstract

Fenomena pandemi Covid-19 telah melumpuhkan berbagai sendi kehidupan terutama di bidang ekonomi, khususnya bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah atau UMKM. Situasi tersebut menuntut adanya strategi bertahan yang kreatif dan solutif, khususnya dalam menjalankan aktivitas bisnis agar bisa bertahan di krisis ekonomi. Tujuan penelitian ini untuk mengkaji strategi bertahan dalam menghadapi efek pandemi Covid-19 yang secara kreatif dan solutif dijalankan oleh UMKM yang memproduksi produk olahan hasil laut di Kelurahan Sukolilo Baru, Kecamatan Bulak, Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dalam bentuk studi fenomenologi. Peneliti menentukan informan penelitian secara purposive yang mana pengambilan data dilakukan dengan wawancara semi-terstruktur dan diskusi kelompok terarah. Teknik analisis data dilakukan secara tematik dengan model induktif, setelah dilakukan validasi secara komunikatif, argumentatif dan ekologis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan bertahan dalam era new normal mewujud dalam tema yakni optimisme, kemampuan melakukan pengendalian diri, keyakinan akan kemampuan bisnis, dan juga kesediaan untuk untuk melakukan transformasi diri. Strategi bertahan para pelaku UMKM mewujud pada dua tema besar, yaitu: penguatan produk serta kelembagaan dan digitalisasi bisnis.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: new normal, olahan hasil laut, strategi bertahan, UMKM
Subjects: Business > Management
Divisions: Journal Publication
Depositing User: F.X. Hadi
Date Deposited: 02 Nov 2023 04:43
Last Modified: 16 Jan 2024 02:06
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/37218

Actions (login required)

View Item View Item