Penerapan Good Corporate Governance di Perusahan Keuangan dan pengaruhnya terhadap nilai perusahaan menggunakan kinerja keuangan sebagai variabel perantara (studi empiris pada Perusahaan Keuangan Periode 2017-2018)

Sukoco, Y. Djoko (2020) Penerapan Good Corporate Governance di Perusahan Keuangan dan pengaruhnya terhadap nilai perusahaan menggunakan kinerja keuangan sebagai variabel perantara (studi empiris pada Perusahaan Keuangan Periode 2017-2018). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi (JIMEK), 3 (2). pp. 232-246. ISSN eISSN: 2621-2374

[thumbnail of Penerapan Good Corporate Governance di Perusahan Keuangan dan pengaruhnya terhadap nilai perusahaan menggunakan kinerja keuangan sebagai variabel perantara (studi empiris pada Perusahaan Keuangan Periode 2017-2018)] Text (Penerapan Good Corporate Governance di Perusahan Keuangan dan pengaruhnya terhadap nilai perusahaan menggunakan kinerja keuangan sebagai variabel perantara (studi empiris pada Perusahaan Keuangan Periode 2017-2018))
III.A.1.b.1_1 Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi (JIMEK) Vol. 3 No. 2 (2020).pdf - Published Version

Download (657kB)
[thumbnail of Hasil cek similarity] Text (Hasil cek similarity)
III.A.1.b.1_1 Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi (JIMEK) Vol. 3 No. 2 (2020)_TURNITIN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah menguji signifikansi pengaruh Good Corporate Governance terhadap nilai perusahaan dengan kinerja keuangan sebagai variabel perantara.Populasi penelitian ini menggunakan perusahaan keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode tahun 2017 dan 2018, total sampel pada penelitian sebesar 78. Pengujian pengaruh variabel perantara dengan menggunakan regresi data panel dengan menggunakan analisis jalur (path analysis). Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa kinerja keuangan (ROA) berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan dengan proksi TobinsQ. Kinerja keuangan (ROA) tidak terbukti sebagai variabel perantara, namun hasil penelitian menunjukan bahwa kinerja keuangan (ROA) berpengaruh secara langsung terhadap nilai perusahaan (TobinsQ). GCG tidak berpengaruh langsung terhadap nilai perusahaan dan ROA tidak terbukti sebagai mediasi antara GCG terhadap nilaiperusahaan, hasil penelitian menemukan bahwa kinerja keuangan perusahaan (ROA) berpengaruh langsung terhadap kinerja perusahaan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Corporate governance, firm value, financial performance
Subjects: Widya Mandala Catholic University on Madiun Campus > Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Divisions: Journal Publication
Depositing User: Y. Djoko Sukoco
Date Deposited: 15 Nov 2023 02:33
Last Modified: 15 Nov 2023 02:33
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/37126

Actions (login required)

View Item View Item