Analisis dampak pandemi covid-19 pada pembelajaran daring selama study from home pada organisasi pendidikan di Indonesia

Hermanto, Yustinus Budi ORCID: https://orcid.org/0000-0002-4117-5750 and Srimulyani, Veronika Agustini ORCID: https://orcid.org/0000-0001-7820-1097 (2020) Analisis dampak pandemi covid-19 pada pembelajaran daring selama study from home pada organisasi pendidikan di Indonesia. In: Seminar Nasional “Senama 2020” dengan Tema: “Tantangan Indonesia Menghadapi Era Society 5.0”, 12 Agustus 2020, Surabaya. (Unpublished)

[thumbnail of Analisis dampak pandemi covid-19 pada pembelajaran daring selama study from home pada organisasi pendidikan di Indonesia] Text (Analisis dampak pandemi covid-19 pada pembelajaran daring selama study from home pada organisasi pendidikan di Indonesia)
Yustinus_Veronika_Fullpaper SENAMA 2020.pdf

Download (396kB)
[thumbnail of Hasil cek similarity] Text (Hasil cek similarity)
Turnitin_Analisis dampak pandemi covid-19.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of Sertifikat pemakalah] Text (Sertifikat pemakalah)
Sertifikat SENAMA 2020_VERONIKA AGUSTINI.pdf

Download (361kB)

Abstract

Masyarakat di era Society 5.0 memusatkan segala aktivitas dengan aplikasi teknologi digital. Adanya pandemi Covid-19, mengharuskan hampir semua aktivitas manusia menggunakan media digital, termasuk pada layanan pendidikan yang harus beradaptasi dengan metode pembelajaran daring, meskipun pun terdapat kendala seperti: kepemilikan komputer dan akses internet. Ini menjadi tantangan bagi dunia pendidikan Indonesia yang harus mampu memberikan bekal bagi peserta didik agar siap beradaptasi menghadapi tantangan di era Society 5.0. Tujuan penelitian ini untuk memperoleh informasi tentang pembelajaran daring selama study from home selama pandemi Covid-19 pada SMP, SMA/K, dan perguruan tinggi di Indonesia dan menganalisis perbedaan penguasaan teknologi pembelajaran bagi peserta didik dan pendidik. Kuesioner disebarkan denganaplikasi google form kepada peserta didik dan pendidik melalui media: facebook, email, dan WAG. Total sampel dalam penelitian ini sebanyak 108 tenaga pendidik dan 386 peserta didik. Dari pengujian independent sample t-test, diperoleh hasil:1) kemampuan mahasiswa terkait MS software dan teknologi pembelajaran daring lebih tinggi daripada siswa dan perbedaannya signifikan; 2) Tidak ada perbedaan signifikan antara persepsi guru dan dosen terkait peran teknologi pembelajaran di kelas atas proses pendidikan peserta didik. Keberhasilan pelaksanaan pembelajaran daring sangat tergantung dari beberapa komponen yang saling terintegrasi baik peserta didik, pendidik, sumber belajar, maupun teknologi yang digunakan. Beberapa kelemahan pembelajaran daring, seperti kurangnya disiplin peserta didik, keterbatasan akses internet, kurangnya interaksi sosial, menjadi tantangan bersama organisasi pendidikan dan stakeholders, karena teknologi diciptakan untuk melengkapi dan membantu manusia dalam mengerjakan tugas dan tanggung jawabnya, namun bukan untuk menggantikan perannya secara keseluruhan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Research team head
Hermanto, Yustinus Budi
UNSPECIFIED
Yustinus.Budi@ukdc.ac.id
Research team member
Srimulyani, Veronika Agustini
NIDN0717087201
veronika.agustini.s@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Technology, covid-19, online learning
Subjects: Widya Mandala Catholic University on Madiun Campus > Faculty of Business > Management Undergraduate Study Program
Divisions: Faculty of Business > PSDKU - Management Undergraduate Study Program
Depositing User: Veronika Agustini Srimulyani
Date Deposited: 08 Nov 2023 07:32
Last Modified: 09 Nov 2023 02:06
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/37092

Actions (login required)

View Item View Item