Penumbuhan minat berwirausaha melalui pelatihan pembuatan kertas komposit

Retnoningtyas, Ery Susiany and Antaresti, Antaresti (2010) Penumbuhan minat berwirausaha melalui pelatihan pembuatan kertas komposit. HUMANIORA : Jurnal ilmiah ilmu-ilmu sosial dan humaniora, 7 (2). pp. 79-84. ISSN 1693-8925 (Submitted)

[thumbnail of Penumbuhan minat berwirausaha melalui pelatihan pembuatan kertas komposit] Text (Penumbuhan minat berwirausaha melalui pelatihan pembuatan kertas komposit)
2010 Jurnal Humaniora Vol 7 No2 2010_Kopertis 7(Sbg Penulis 1 & korespondensi).pdf

Download (3MB)

Abstract

Pelatihan pembuatan kertas komposit di Kelurahan Kalijudan dan Pacar Keling, Kecamatan Tambak Sari, Pemkot Surabaya Provinsi Java Timur dilakukan untuk menumbuhkan minat berwirausaha di kalangan remaja dan ibu rumah tangga. Situasi di kedua kelurahan Tersebut cukup ramai karena banyak terdapat pertakoan, waring makan dan sekolah mulai dari TK SD, SMP, SMA hingga Perguruan Tinggi maka sampah yang dihasilkan juga relatif tinggi. Pemilahan sampah basah dan sumpah kering yang berupa kertas merupakan langkah awal yang harus dilakukan dalam upaya untuk mengurangi volume sampah Sampah kering terutama yang berupa sampah kertas dapat di daur ulang menjadi kertas yang memiliki nilai ekonomis sehingga dapat digunakan untuk peluang usaha. Pemanfaatan kertas bekas yang dicampur dengan pulp non kaya dari serah kelapa memberikan hasil kertas komposit yang memiliki harga jual vang ekonomis daripada kertas bekas hanya dijual kiloan Tahap pembuatan kertas komposit terdiri dari 3:(1) pembuatan pulp dari serabut kelapa, (2) pembuatan bubur kertas bekas dan (3) pencetakan kertas komposit. Respons terhadap pelatihan ini cukup baik sebanyak 67% khalayak sasaran menyatakan ingin mengembangkan keterampilan pembuatan kertas komposit ini menjadi wirausaha dun 33% kurang berminat. Sebanyak 67% khalayak sasaran menyatakan timbul ide haru setelah mengikuti pelatihan ini. Selain itu respon terhadap manfaat pelatihan ini juga sangat menggembirakan, hal ini tergambar dari 78% khatavak sasaran menyatakan bahwa pelatihan in bermanfaat dan 22% menyatakan sangat bermanfaat Pencapaian ini dapat disimpulkan bahwa upaya menumbuhkan minat berwirausaha di kedua kelurahan ini cukup berhasil

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Composite paper, coir fiber, entrepreneurship.
Subjects: Engineering
Engineering > Chemical Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Master Program in Chemical Engineering
Depositing User: Ery Susiany Retnoningtyas
Date Deposited: 12 Oct 2023 06:56
Last Modified: 12 Oct 2023 06:56
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/36998

Actions (login required)

View Item View Item