Demokrasi dan Kebijakan Publik: Mengkritisi Wacana Politis

Simon, Untara (2019) Demokrasi dan Kebijakan Publik: Mengkritisi Wacana Politis. Demokrasi dan Kebijakan Publik: Mengkritisi Wacana Politis, 2 (1). pp. 35-51. ISSN 2829-6956

[thumbnail of Demokrasi dan Kebijakan Publik: Mengkritisi Wacana Politis] Text (Demokrasi dan Kebijakan Publik: Mengkritisi Wacana Politis)
2-Demokrasi_dan_kebijakan_.pdf

Download (398kB)
[thumbnail of Demokrasi dan Kebijakan Publik: Mengkritisi Wacana Politis] Text (Demokrasi dan Kebijakan Publik: Mengkritisi Wacana Politis)
2-Demokrasi_dan_kebijakan_hasil_cek_similarity_.pdf

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan wacana politik di Indonesia terutama menjelang pilpres 2019 sering kali diwarnai oleh drama-drama politik yang tidak jarang mengisahkan tentang perang berita palsu atau hoax oleh para pendukung paslon. Hal ini memperlihatkan bahwa demokrasi di Indonesia sangat jauh dari upaya menjujung nilai kebenaran. Penelitian ini sebagai penelitian kualitatif bidang filsafat berusaha mengkaji permasalahan tersebut dengan meninjau sejauh mana kebijakan publik di Indonesia bisa mendorong demokrasi yang sehat. Dari penelitian yang dilakukan menghasilkan kesimpulan bahwa: (1) Hoax atau fake news adalah salah satu dampak negatif dari arus besar perkembangan media komunikasi massa, (2) Hoax dalam dunia politik mengakibatkan perkembangan wacana politik yang tidak sehat dan seringkali menimbulkan pertarungan wacana yang tidak jarang berdampak pada munculnya konflik di masyarakat, (3) Perlu terdapat peran serta negara dalam upaya merawatan identitas kebangsaan serta komunitas kritis dalam pendidikan tentang literasi media massa soal kesadaran bahwa media komunikasi massa dapat melakukan framing, propaganda terhadap para konsumennya.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Demokrasi, Hoax, Wacana Politik
Subjects: Philosophy
Divisions: Journal Publication
Depositing User: F.X. Hadi
Date Deposited: 09 Oct 2023 06:51
Last Modified: 09 Oct 2023 06:51
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/36962

Actions (login required)

View Item View Item