Keterkaitan kepribadian hardiness dengan optimisme dalam mencari pekerjaan pada dewasa awal

Cahyadi, Andi (2022) Keterkaitan kepribadian hardiness dengan optimisme dalam mencari pekerjaan pada dewasa awal. Jurnal Psycho Idea, 20 (2). pp. 118-127. ISSN pISSN:1693-1076, eISSN: 2654-3516

[thumbnail of Keterkaitan kepribadian hardiness dengan optimisme dalam mencari pekerjaan pada dewasa awal] Text (Keterkaitan kepribadian hardiness dengan optimisme dalam mencari pekerjaan pada dewasa awal)
Jurnal Publish-Hardiness dan Optimisme.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Hasil Cek Similarity] Text (Hasil Cek Similarity)
Turnitin_Jurnal Publish_Hardiness dan Optimisme.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan dari diadakan penelitian ini adalah untuk menguji apakah terdapat hubungan antara kepribadian hardiness dan sikap optimis dalam mencari sebuah pekerjaan pada usia dewasa awal. Metode pengumpulan data yang digunakan di dalam penelitian ini adalah skala kepribadian hardiness dan juga skala optimisme, dengan menggunakan 104 responden mahasiswa yang masuk ke dalam usia dewasa awal. Di dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data adalah pearson product moment. Hipotesis dalam penelitian ini diterima dengan arah korelasi positif, artinya terdapat hubungan yang signifikan antara kepribadian hardiness dan sikap optimis ketika mencari pekerjaan pada usia dewasa awal di kota Madiun, semakin tinggi kepribadian hardiness, maka semakin tinggi pula optimisme dalam mencari pekerjaan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa agar mahasiswa tingkat akhir yang masuk dalam usia dewasa awal memiliki sikap optimis yang tinggi dalam mencari pekerjaan, maka perlu menumbuhkan kepribadian hardiness dalam diri.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Dewasa awal, hardiness, mahasiswa, optimisme
Subjects: Widya Mandala Catholic University on Madiun Campus > Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Divisions: Journal Publication
Depositing User: Andi Cahyadi
Date Deposited: 08 Oct 2023 15:42
Last Modified: 08 Oct 2023 15:42
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/36861

Actions (login required)

View Item View Item