Kesepian dan kesejahteraan psikologis pada lansia yang memilih melajang

Aryono, Marcella Mariska and Dani, Robik Anwar (2019) Kesepian dan kesejahteraan psikologis pada lansia yang memilih melajang. Jurnal Psikologi Proyeksi, 14 (2). pp. 162-171. ISSN pISSN: 1907-8455, eISSN: 2656-4173

[thumbnail of Kesepian dan kesejahteraan psikologis pada lansia yang memilih melajang] Text (Kesepian dan kesejahteraan psikologis pada lansia yang memilih melajang)
7361-24739-2-PB (3).pdf

Download (317kB)
[thumbnail of Kesepian dan kesejahteraan psikologis pada lansia yang memilih melajang] Text (Kesepian dan kesejahteraan psikologis pada lansia yang memilih melajang)
Pscychological Well-being dengan Loneliness (2).pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menguji hubungan antara kesepian dan kesejahteraan psikologis pada individu lanjut usia yang melajang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif korelasional. Penelitian ini mengambil lansia laki-laki lajang di provinsi Jawa Timur yang berusia di atas 45 tahun sebagai subjek penelitian. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan kriteria sebagai berikut: lansia laki-laki berusia lebih dari 45 tahun (middle age) yang melajang dengan alasan hidup selibat dengan Tuhan. Alat pengumpulan data menggunakan The Ryff Scale of Psychological Well-being dan UCLA Loneliness Scale. Analisis data menggunakan uji korelasi product moment. Hasil analisa data memaparkan R square sebesar 0,609. Hal ini berarti variabel kesepian memberikan pengaruh atau sumbangan efektif terhadap variabel kesejahteraan psikologis sebesar 61%. Koefisien korelasi yang didapatkan sebesar -0,780. Hal ini menunjukkan adanya hubungan negatif signifikan antara kesepian dan kesejahteraan psikologis pada lansia yang memilih melajang. Hubungan negatif ini diartikan bahwa semakin tinggi tingkat kesepian maka semakin rendah tingkat kesejahteraan psikologisnya, begitu pula juga sebaliknya, semakin rendah tingkat kesepian maka semakin tinggi tingkat kesejahteraan psikologisnya.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Psychological well being, kesepian, lansia
Subjects: Widya Mandala Catholic University on Madiun Campus > Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Widya Mandala Catholic University on Madiun Campus > Faculty of Psychology
Divisions: Journal Publication
Depositing User: Robik Anwar Dani
Date Deposited: 02 Oct 2023 04:48
Last Modified: 02 Oct 2023 04:48
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/36819

Actions (login required)

View Item View Item