Multifaktorial Pemicu Cancer-Related Fatigue (CRF) Pada Pasien Kanker (Precipitating Multifactor of Cancer-Related Fatigue Among Cancer Patient)

Werdani, Yesiana Dwi Wahyu, Lilyana, Maria Theresia Arie and Putri, Tiffani Aditya Wijono (2022) Multifaktorial Pemicu Cancer-Related Fatigue (CRF) Pada Pasien Kanker (Precipitating Multifactor of Cancer-Related Fatigue Among Cancer Patient). Multifaktorial Pemicu Cancer-Related Fatigue (CRF) Pada Pasien Kanker (Precipitating Multifactor of Cancer-Related Fatigue Among Cancer Patient), 10 (1). pp. 49-59. ISSN 2614-4352

[thumbnail of Multifaktorial Pemicu Cancer-Related Fatigue (CRF) Pada Pasien Kanker (Precipitating Multifactor of Cancer-Related Fatigue Among Cancer Patient)] Text (Multifaktorial Pemicu Cancer-Related Fatigue (CRF) Pada Pasien Kanker (Precipitating Multifactor of Cancer-Related Fatigue Among Cancer Patient))
13-Multifaktorial_pemicu_Cancer_.pdf

Download (271kB)
[thumbnail of Multifaktorial Pemicu Cancer-Related Fatigue (CRF) Pada Pasien Kanker (Precipitating Multifactor of Cancer-Related Fatigue Among Cancer Patient)] Text (Multifaktorial Pemicu Cancer-Related Fatigue (CRF) Pada Pasien Kanker (Precipitating Multifactor of Cancer-Related Fatigue Among Cancer Patient))
13-Multifaktorial_pemicu_Cancer_hasil cek similarity.pdf

Download (2MB)

Abstract

Cancer related Fatigue (CRF) merupakan gejala yang terjadi hampir pada semua pasien kanker. CRF menimbulkan berbagai dampak fisik maupun psikologis yang dapat menghambat kehidupan normal pasien. Tujuan penelitian menjelaskan multifaktorial pemicu CRF pada pasien kanker. Desain penelitian yang digunakan adalah desain deskriptif. Populasi seluruh pasien kanker di Puskesmas Kedungdoro Surabaya, dengan besar sampel sejumlah 28 orang. Sampel diambil secara purposive sampling berdasarkan kriteria inklusi. Instrumen menggunakan Brief Fatigue Inventory (BFI) yang sudah diuji validitas dan reliabilitasnya. Faktor pemicu CRF pada penelitian ini dengan skor CRF tertinggi pada tiap-tiap faktor adalah pada usia terdapat pada kelompok manula (23.4 + 6.8), pada faktor jenis kelamin terdapat pada perempuan (18.96 + 6.73), faktor jenis kanker terdapat pada kanker payudara (21.25 + 7.36), faktor stadium kanker yaitu pada kanker stadium 3 (24.11 + 8.29), faktor lama menderita kanker yaitu 4 – 6 tahun (21.62 + 6.04), dan faktor terapi kanker terdapat pada responden yang mendapat terapi kemoterapi + pembedahan (24.11 + 8.29). Semua faktor diatas memicu timbulnya CRF pada tingkatan ringan dengan mean skor yang beragam yang berkisar dari skor terendah 16 sampai skor tertinggi 24.11. CRF tidak muncul hanya karena penyakit kanker, namun masih ada multifaktorial lain yang memicu timbulnya CRF pada pasien kanker. Cancer related Fatigue (CRF), Multifaktorial, Pasien Kanker

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Cancer related Fatigue (CRF), Multifaktorial, Pasien Kanker
Subjects: Nursing Science
Divisions: Journal Publication
Depositing User: F.X. Hadi
Date Deposited: 26 Sep 2023 05:56
Last Modified: 08 Nov 2023 04:25
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/36803

Actions (login required)

View Item View Item