Santoso, Alexandra Mevelyn (2023) Analisis isi komparatif bauran pemasaran dan tema pesan promosi tiket.com dan Traveloka pada media sosial Instagram. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (415kB) |
|
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf Download (587kB) |
|
Text (BAB 2)
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (682kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (919kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf Download (442kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini melihat bagaimana perbandingan dari bauran pemasaran dan tema pesan promosi yang dilakukan oleh Traveloka dan Tiket.com dengan menggunakan 6 indikator dari 7 indikator bauran pemasaran jasa. Bauran pemasaran ini meliputi Produk, Harga, Promosi, Orang, Proses dan Bukti Fisik. Indikator lain yang digunakan adalah 9 tema pesan promosi yang dikenal dengan The Nine Block Conversations Planner. Dalam penelitian ini hanya menggunakan 7 tema yaitu aspirations & beliefs, avalanche about roll anxieties, contrarian, how-to, glitz and glam dan seasonal. Penelitian ini berfokus pada fenomena strategi promosi dan tema pesan promosi dari Traveloka dan Tiket.com melalui instagram. Fenomena ini diangkat karena adanya pandemi COVID-19 yang berlangsung selama bertahun-tahun yang membuat sistematika serta regulasi perjalanan di Indonesia mulai berubah. Metode yang digunakan yaitu analisis isi komparatif yang digunakan untuk mengetahui perbandingan strategi promosi dan tema pesan promosi yang dilakukan oleh Traveloka dan Tiket.com agar tidak gulung tikar. Objek dalam penelitian ini yaitu analisis isi komparatif bauran pemasaran dan tema pesan promosi. Subjek yang digunakan adalah media sosial Instagram Traveloka dan Tiket.com yaitu @traveloka serta @tiket.com. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian deskriptif- komparatif. Hasil penelitian, Tiket.com dan Traveloka lebih sering menggunakan strategi promosi marketing mix advertising (iklan). Tiket.com menggunakan tema pesan promosi avalanche about to roll dan seasonal. Traveloka menggunakan tema pesan promosi aspirations and beliefs, anxieties dan glitz and glam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Department: | S1 - Ilmu Komunikasi |
Contributors: | Contribution Contributors NIDN / NIDK Email Thesis advisor Fista, Brigitta Revia Sandy NIDN0715108903 UNSPECIFIED Thesis advisor Purnama, Finsensius Yuli NIDN0719078401 UNSPECIFIED |
Uncontrolled Keywords: | Strategi promosi, bauran pemasaran, tema pesan promosi, komparatif, traveloka, tiket.com |
Subjects: | Communication Science |
Divisions: | Faculty of Communication Science > Communication Science Study Program |
Depositing User: | Alexandra Mevelyn Santoso |
Date Deposited: | 26 Mar 2024 07:47 |
Last Modified: | 26 Mar 2024 07:47 |
URI: | http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/36709 |
Actions (login required)
View Item |